INTEGRATED REPORTING: ACCOUNTANT’S ROLES REVOLUTION IN CREATING FUTURE CORPORATE SUSTAINABILITY STRATEGY

Belinda Azzahra

Abstract


Dewasa ini, krisis lingkungan menginisiasi perusahaan untuk menerapkan Sustainability Accounting sebagai strategi keberlanjutan usahanya. Salah satu indikator penerapan ini adalah tersedianya Integrated Report (Financial Report dan Sustainability Report) periodik perusahaan yang bisa diakses oleh publik. Indonesia telah memulai langkah dengan mewajibkan publikasi Sustainability Report bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik melalui POJK NOMOR 51/2017. Walaupun Sustainability Strategy adalah konsep yang esensial, namun terdapat beberapa kelemahan yang membutuhkan solusi. Karya tulis ini bertujuan untuk menjelaskan esensi dari penerapan Sustainability Strategy di perusahaan. Sehingga perusahaan tidak hanya melaksanakannya sebatas pemenuhan tuntutan pemerintah, melainkan untuk kebermanfaatan perusahaan dalam jangka panjang. Penulis menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan variabel laba per lembar saham dan pertumbuhan harga saham perusahaan di sektor Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik. Penulis juga memaparkan konsep dasar dan menggunakan data sekunder untuk mendukung setiap argumen yang diberikan. Pertama, karya tulis ini akan membuktikan korelasi positif antara penerapan Sustainability Strategy dengan profitabilitas perusahaan di masa depan. Selanjutnya, penulis juga menganalisis kelemahan fundamental dari sistematika Integrated Reporting yang membuatnya sulit untuk dibandingkan antar perusahaan. Maka dari itu, penulis menawarkan suatu standar pengukuran universal yang dapat digunakan oleh pihak eksternal dan internal perusahaan dalam menilai seberapa jauh perusahaan menerapkan Strategi Keberlanjutan-nya. Standar ukuran ini yang nantinya dapat menjadi ajang pembuktian kesanggupan perusahaan untuk mempertahankan keberlangsungan usahanya dalam jangka panjang dan mempengaruhi valuasi masa kininya. Sustainability Strategy merupakan faktor penting dalam keberlangsungan perusahaan secara jangka panjang. Namun, tidak dapat dipungkiri jika Sustainability Strategy yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia masih memiliki beberapa kelemahan. Karya tulis ini diharapkan dapat menjawab tantangan peran akuntan di Indonesia dalam menghadapi revolusi Akuntansi Tradisional menjadi Sustainability Accounting, khususnya dalam optimalisasi skema Integrated Reporting oleh perusahaan.

Kata Kunci: Sustainability Accounting, Integrated Report, Sustainability Index, Sustainable Development, dan Investasi.


Full Text:

PDF

References


ASEAN CSR Network. 2018. “Sustainability Reporting in Asian Countries”. https://www.asean-csr network.org/c/images/Resources/Reports/2018_Sustainability_Reporting_in_ASEAN_Co untries.pdf. Diakses pada 10 Agustus 2021.

Asmawan, M. (2017). Dampak mata kuliah praktek kewirausahaan terhadap motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi untuk berwirausaha 2021.

BINUS University. 2020. “Tantangan Bagi Akuntansi Berkelanjutan”. https://accounting.binus.ac.id/2020/04/30/tantangan-bagi-akuntansi-berkelanjutan/. Diakses pada 10 Agustus 2021.

Budirahardjo, Renaldo. 2019. “Dilema Sustainability Report untuk Pembangunan Berkelanjutan”.http://news.unika.ac.id/2019/06/dilema-sustainability-report-untuk- pembangunan-berkelanjutan/. Diakses pada 10 Agustus 2021.

CGMA. (2018). Creating a Sustainable Future : The role of accountant in implementing the Sustainable Development Goals. Diakses pada 10 Agustus 2021 dari https://future.aicpa.org/resources/article/the-role-of-the-accountant-in-implementing-the- sustainable-development-goals

https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/my/Documents/risk/my-risk-sdg12-sustainability-risk-management.pdf.

Elihami, E. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Higher of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 79-86.

Indonesia Stock Exchange. 2020. “Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat”. https://www.idx.co.id/data-pasar/laporan-statistik/ringkasan-performa-perusahaan- tercatat/. Diakses pada 10 Agustus 2021

KPMG. 2017. “The KPMG Survey of Corporate Responsibility Reporting 2017”. https://assets.kpmg/content/dam/kpmg/xx/pdf/2017/10/kpmg-survey-of-corporate- responsibility-reporting-2017.pdf. Diakses pada 14 Juli 2021.

Kuswanto, R. 2019. “Penerapan Standar GRI dalam Laporan Keberlanjutan di Indonesia: Sebuah Evaluasi”. Jurnal Bina Akuntansi, Juli 2019, Vol.6, No.2, 1 - 21.

https://www.kemenkeu.go.id/media/15116/media-briefing-kabkf.pdf.

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/menkeu-triwulan-iii-2020-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-tunjukkan-perbaikan-signifikan/

Lestari, R. A. P., & Yulianto, A. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Sosial, Akses Kepada Modal, dan Kepemilikan Jaringan Sosial Terhadap Sikap Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 752-762.

Natalia, R. dan Tarigan, J. 2014. “Pengaruh Sustainability Reporting Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Publik dari Sisi Profitability Ratio”. Business Accounting Review, Vol. 2, No. 1.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13287/Strategi-Kebijakan-Pemulihan-Ekonomi-Nasional.html

Otoritas Jasa Keuangan. 2017. “Peraturan OJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik”. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017, No. 169. Menteri Hukum & HAM RI. Jakarta.

Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi kampus merdeka terhadap kompetensi guru era 4.0 dalam perspektif experiential learning theory. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1-15.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.

Suardikha, I. M. S. (2012). Kuasa Universitas dan Profesi Akuntan dalam Pengembangan Profesi Akuntansi. Buletin Studi Ekonomi.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

UMB. (2020). CA’s can play a vital role in economic recovery: Experts. Diakses pada 10 Agustus 2021 dari https://thefinancialexpress.com.bd/public/trade/cas-can-play-vital-role- in-economic-recovery-experts-1594475645

https://www.antaranews.com/berita/1974306/memperkuat-upaya-pemulihan-ekonomi-ramah-lingkungan

Zulfikar, R. (2019). Perception, Level of Trust and Behavior Of Indonesian Lecturers In Responding" Kampus Merdeka" Policy. IG Live Talk Show.




DOI: https://doi.org/10.31326/.v3i1.1189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.