PENGARUH PENERAPAN MODEL TIGA LINI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PADA RS PUSAT OTAK NASIONAL JAKARTA

Casmeliana Casmeliana, Ferninda Dewi Ayu, Retno Saraswati, Hijjatul Firdiyah, Claudia Ananda

Abstract


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Tiga Lini terhadap efektivitas pengendalian internal pada RS Pusat Otak Nasional Jakarta.

Metodologi Penelitian – Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Campuran (Mixed Method Research). Untuk analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana, dengan uji koefisien determinasi (R square) dan uji t.

Hasil – Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R square sebesar 0,722 (72,2%) dan nilai t hitung 8,740 > t tabel 2,048. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tiga lini berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengendalian internal di RS Pusat Otak Nasional Jakarta.

Limitasi – Keterbatasan dalam penelitian ini adalah waktu penelitian yang cukup singkat menyebabkan penulis hanya dapat mengambil 30 sampel sebagai responden untuk kuesioner dan 5 narasumber untuk wawancara yang merupakan perwakilan beberapa bagian/instalasi dalam struktur organisasi, sehingga kesimpulan yang diambil tidak merepresentasikan pengendalian internal organisasi secara keseluruhan. Selain itu, variabel dalam penelitian ini hanya terbatas pada model tiga lini dan efektivitas pengendalian internal.

Kontribusi – Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat untuk membantu dalam meningkatkan pengawasan dan efektifitas pengendalian internal RS Pusat Otak Nasional dalam rangka mencapai tujuan organisasi dan juga mendukung salah satu dari misi RS Pusat Otak Nasional yaitu memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan inovatif serta penelitian ini pula diharapkan menjadi referensi dan literasi untuk penelitian sejenis di masa yang akan datang.

Kata kunci : Model Tiga Lini, Efektivitas, Pengendalian Internal

Full Text:

PDF

References


Agustina, D.E., Zaelani, R. (2017). Pengaruh Pemeriksaan Internal (Audit Intern) Terhadap Efektivitas Pengendalian Internal. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol. 5 Edisi 10, Maret, 88

– 93.

Armana, A. (2014). Pengaruh Kinerja Satuan Pengawasan Internal Terhadap Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Dan Penerapan Prinsip – Prinsip Good Corporate Governance. Jurnal Ilmiah, 1 – 30.

Binus University. (2021, Agustus). Memahami Skala Likert Dalam Penelitian Ilmiah. Diakses dari https://accounting.binus.ac.id/2021/08/13/memahami-skala-likert-dalam- penelitian-ilmiah/

Maulana, Robi. (2015). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan Pada PT. Arta Boga Cemerlang Cabang Majalengka.Universitas Majalengka. Jurnal.

Muhsyaf, S.A., Cahyaningtyas, S.R., Sasanti, E.E. (2021). Three Line of Defense: An Effective Risk Management. Advances in Economics, Business, and Management Research, Volume 180, 85 – 91.

Mukaromah, A., Nuraina, E., Suswandari, Y. (2013). Analisis Sistem Akuntansi Persediaan Obat – Obatan Untuk Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Intern pada RSUD Kota Madiun. The 2nd Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, Oktober, 1 – 22.

Nena, A.F.D. (2015). Analisa Sistem Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Atas Pendapatan di Rumah Sakit Hermana – Lembean. Jurnal EMBA, Vol.3 No.4, Desember, 117 – 129.

Nurazizah, A., Novita. (2020). Pengendalian Internal Startup Kesehatan Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Era New Normal. Proposal Penelitian, 1 – 53.

Patiro, K., Rotinsulu, T.O., Kawung, G.M.V. (2018). Analisis Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengawasan Keuangan Daeerah Terhadap Nilai Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Kota Bitung. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah, Vol 19 No. 4, 117 – 135.

Pengelola Web Direktorat SMP. (2021, Maret). Program Direktorat: Melangkah Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi. Diakses darihttp://ditsmp.kemdikbud.go.id/program-direktorat-melangkah-menuju-zona- integritas-wilayah-bebas-korupsi/

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 25 Tahun 2019 tentang Penerapan Manajemen Risiko Terintegrasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 57 Tahun 2020 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah

Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta.

Sihab, I.N., Diyanti, V. (2019). Three Lines of Defense Dalam Penerapan Manajemen Risiko Pada Perusahaan Niaga Gas Bumi. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, Vol 10 No 2 September, 167 – 180.

Soleman, R. (2013). Pengaruh Pengendalian Internal dan Good Corporate Governance Terhadap Pencegahan Fraud. JAAI Volume 17 No. 1 Juni, 57 – 74.

Syukriyati, E., Solikin, I. (2018). Pengaruh Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 6, No. 2, 269 – 284.

Tandri, M., Sondakh, J.J., Sabijono, H. (2015). Efektivitas Penerapan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas di RSU Pancaran Kasih GMIM Manado. Jurnal EMBA. Vol. 3 No.3 September, 208-218.

The Institute of Internal Auditors. (2020). Model Tiga Lini IIA Tahun 2020 Pembaharuan dari Model Pertahanan Tiga Lini. The Institute of Internal Auditors, Inc., 1 – 11.

Wati, E.M.L.W., Astuti, S. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Good Corporate Governance dan Intensitas Modal Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Pertambangan Sektor Batu Bara di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4), 641-654.

Wibowo, H. (2019). Lingkup fungsi audit internal dan efektivitas audit internal pada Kementerian Keuangan. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 4(3), 243-266.

Website resmi Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta. Diakses pada 03 Oktober 2021, dari https://www.rspon.co.id/tentang-kami_00.php




DOI: https://doi.org/10.31326/.v3i1.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.