PENERAPAN INTERNAL CONTROL DALAM MENCAPAI TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK (PADA PT. TELEMEDIA DINAMIKA SARANA)

Fathya Tsaltsa Burhani, Fikri Muhammad Wafi, Novita Damayanti, Vira Octaviany, Syabilla Purnama, Paradise Albina

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis internal control yang diterapkan Gasnet saat ini dan menganalisis apakah internal control memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan prinsip GCG. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif. Sampel penelitiannya ialah Kepala Audit Internal Ad Hoc. Instrumen penelitian ini ialah indikator dari setiap variabel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan memberikan kuesioner ke narasumber yang sesuai kriteria. Hasil penelitian menunjukkan internal control dalam perusahaan sudah sesuai dengan COSO dan internal control memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan GCG. Keterbatasan penelitian sulit menarik kesimpulan karena kurangnya sampel penelitian, tidak dilakukannya wawancara, teknik sampel yang dipilih kemungkinan tidak bisa membuat hasil populasi menjadi sangat tepat dengan topik penelitian yang kami teliti. Manfaat penelitian ini untuk perusahaan dapat dijadikan sebagai referensi dalam meningkatkan internal control dalam mencapai GCG.

Kata kunci: Internal Control, Good Corporate Governance (GCG), Kepala Audit Internal, PT Telemedia Dinamika Sarana.


Full Text:

PDF

References


Anamukti, Purnamasari, & Utomo. (2019). Pengaruh Audit Internal Pengendalian Internal, dan Komite Audit terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) (Survey pada Perusahaan BUMN di Kota Bandung). Prosiding Akuntansi, (hal. Vol 1, No 1).

Armana, A. (2015). Pengaruh Kinerja Satuan Pengawasan Internal terhadap Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal dan Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance (Studi pada Organisasi Rumah Sakit). Thesis (S2) UNPAS.

Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). (2013).

Internal Control - Integrated Framework. New York: AIGPA's Publication Division. Damayanti, S. D. (t.thn.). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal.

Danke, Y. (2012). Analisis Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada Siklus Penggajian dalam Rangka Efektivitas Pengendalian Internal (Studi Kasus pada Perusahaan Plastik Injection). Jurnal Bekala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi 1.

Dwinda, A. (2021, Januari 1). 5 Prinsip Good Corporate Governance (GCG). Diambil kembali dari Glints: https://employers.glints.id/

Gondodiyoto, S. (2013). Audit Sistem Informasi + Pendekatan CobIT, Edisi Revisi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hariyati, R. M., & Oliviani, O. D. (2013). Pengaruh Audit Manajemen dan Pengendalian Intern terhadap Kinerja Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Jamsostek (Persero) Divisi Regional VI Jawa Timur). Proceeding Seminar Nasional dan Call For Papers Sancall 2013, (hal. 484-495). Surakarta.

Hery. (2013). Auditing. Jakarta: CAPS.

Kumaat, & Valery, G. (2011). Internal Audit. Jakarta: Erlangga.

Moeller, R. R. (2007). COSO Enterprise Risk Management: Understanding the New Integrated ERM Framework. John Wiley & Sons.

Mulyadi. (2014). Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Mursidah, & Khairina. (2018). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Asuransi Ajb Bumiputera Kc Lhokseumawe dan PT. TAspen Kc Lhokseumawe). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 41- 48.

Riadi, M. (2019, November). Good Corporate Governance (GCG).

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan Keahlian. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Tuanakotta, T. M. (2019). Audit Internal Berbasis Risiko. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.31326/.v3i1.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.