ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA VAST CONSULTING

Dea Ivana, Lely Dahlia

Abstract


Pelanggan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kelangsungan usaha suatu perusahaan. Karena tanpa pelanggan, perusahaan tidak dapat memasarkan produknya dan tidak dapat memperoleh pendapatan yang akan digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Namun tidak semua pelanggan memberikan profit kepada perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisa profitabilitas pelanggan dengan menggunakan metode Activity Based Costing pada Vast Consulting. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada customer classification matrix tahun 2018, yang termasuk kelompok pelanggan passive hanya pelanggan M. Pelanggan E, J, K, P, Q, dan Z adalah kelompok pelanggan carriage. Pelanggan A, B, C, F, G, H, I, L, N, R, S, T, U, V, W, Y, AA, AB, AC, AD, AE, AF, AH, dan AI selama tahun 2018 termasuk ke dalam pelanggan bargain basement. Sedangkan kelompok pelanggan aggressive adalah D, O, T, X, dan AG.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31326/.v1i01.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.