MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rossi Iskandar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil SDN 1 Ciamis berjumlah 36 orang, Metode Penelitian yang digunakan yaitu Action Reseach, menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. yang diawali dengan suatu perencanaan pembelajaran dan dilanjutkan dengan tindakan di kelas serta refleksi terhadap tindakan dan perencanaan awal setelah pembelajaran, hasil penelitian diperoleh kenaikan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang ditunjukkan dari hasil belajar siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II. Pada Pra Siklus, nilai rata-rata siswa hanya 62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 25%. Pada Siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 27%. Siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal mencapai 78%.

 

Kata Kunci : Metode Bermain Peran (Role Playing), Hasil Belajar,Pendidikan

                                         Pancasila dan Kewarganegaraan


Full Text:

PDF

References


Charles M. Reigeluth,C1999) Instructional-Design Theories and models. A New Paradigm of Instructional Theory.Volume II (New Jersey, London: Lawrence Erlbaum Associates Publishers, 1999), h. 143.

Cobo, dkk. (2011). On-line Role Playing as a Teaching Method in Engineering Studies. Journal of Technology and Science Education. 1(1). 49-58. Online. Available at http://upcommons.upc.edu/revistes/bitstream/2009/10296/1/cobo/.pdf

Cogan John J and Derricott, Ray, (1998)“Citizenship for the 21st Century” An: International Prespective on Education (London : Kogan Page, 1998), h. 4.

Maier, Henry W. (2002). Role Playing: Structures and Education Objectives.The International Child And Youth Care network. 1-7. Online. Avalaible at www.cyc-net.org/cyc-online/cycol-0102-roleplay.html

Minto Rahayu, (2009) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan "Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa" (Jakarta: Grasindo, 2009), h. 17

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rita L.Atkinson,et al., Pengantar Psikologi edisi Ke 11,Jilid 1 Terjemahan Batam: interlise, 1997), h. 420.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 2.

Winataputra dan Budimansyah,(2007) Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas.Bandung: Program Studi PKN UPI.

Yuliani Nurani Sujiono dan Bambang Sujiono,(2010) Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak,Jakarta: PT. Indeks.

Zaini, Hisyam. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.