PEMBELAJARAN AKTIF KONSTRUKTIVIS PADA MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Febrianti Yuli Satriyani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membahas pelaksanaan, keefektifan dan kelebihan pembelajaran aktif konstruktivis pada mata kuliah psikologi pendidikan program studi pendidikan guru sekolah dasar di Universitas Trilogi Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriprif dan peneliti sebagai instrument kunci. Pelaksanaan pembelajaran psikologi pendidikan di Prodi PGSD dilaksanakan secara aktif konstruktivis dengan memperhatikan berbagai aspek, yaitu (1) isi materi, (2) kondisi fisik dan psikis mahasiswa, (3) kecenderungan jenis kecerdasan mahasiswa, dan (4) waktu pelaksanaan. Pelaksanaannya menerapkan berbagai model pembelajaran seperti, cooperative learning, problem based learning, inquiry discovery learning, dan quatum learning. Hasil penelitian memnunjukkan bahwa, (1) 80% pelaksanaan pembelajaran aktif konstruktivis bisa terlaksana dengan lancar, (2) 95% mahasiswa aktif mengkonstruk pengetahuannya, (3) 100% tujuan pembelajaran tercapai, dan (4) 90% mahasiswa tampak bahagia dan belajar tanpa beban.
Kata Kunci : Pembelajaran, Aktif Konstruktivis, Psikologi Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Chatib, M. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Chisholm, I. M., Beckett, E.C. 2003. Teacher Preparation for Equitable Access Through The Integration of TESOL Standards, Multiple Intelligences and Technology. Technology, Pedagofy and Education, (Online), 12 (2):249-276,(http://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/14759390300200157), diakses 20 September 2017.

Degeng, I Nyoman S. 1989. lmu Pengajaran Taksonomi Variabel, Jakarta : Depdikbud

Gardner, H. 2003. Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences): Teori dalam Praktek. Terjemahan Alexander Sindoro. 2013. Batam : Interaksara.

Gouws, F.E. 2007. Teaching and Learning Through Multiple Intelligences in the Outcomes-based education classroom. Teacher Education, (Online), 4 (2):60-74, (http://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/18146620701652705), diakses 20 September 2017.

Hanurawan, F. 2014. Karakteristik Psikologi Siswa dan Perkembangan Metode Pengajaran. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1 (1): 7.

Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2012. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Kualitatif Pendidikan. Malang:BayuMedia.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.