PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Lela Nurlaela

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran film dokumenter dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen treatment 2 x 2, dilaksanakan di kelas IV SDN Pancawati II Klari Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media film dokumenter dengan media gambar, (2)  interaksi antara media film dokumenter dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (3) perbedaan antara siswa yang mengikuti pembelajaran film dokumenter dan motivasi belajar tinggi dengan siswa yang diberi pembelajaran media gambar dan motivasi belajar tinggi, (4) perbedaan antara siswa yang mengikuti pembelajaran film dokumenter dengan motivasi belajar rendah dengan siswa yang diberi pembelajaran media gambar dan  motivasi belajar rendah                 

Kata kunci : Media Film Dokumenter, Motivasi Belajar,  Kemampuan berpikir kritis  


Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan 2015 Inovasi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers

Effendi Heru . 2014, Mari Membuat Film. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia

Johnson, B Elaine 2002, CTL Contextual Teaching & Learning. Corwin Press

Susilana Rudi dan Cepi Riyana, 2008 Media pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan penilaian, Bandung: Jurusan Kurtekpend PIF UPI

Warsita, Bambang. 2008, Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineke Cipta

Yusufhadi Miarso 2015, Menyemai Benih Teknologi, Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.