PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Rudi Ritonga

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Discovery Learnig dalam meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SDN) Kebun Jeruk 11 Pagi, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan mengguanakan model Discovery Learning yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes penguasaan hasil belajar IPA siswa khususnya materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan, dan nontes berupa hasil observasi pelaksanaan metode pembelajaran melalui metode discovery learnig dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA tentang perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar IPA siswa tentang penyebab perubahan lingkungan fisik pada siklus I adalah 75,60% sedang pada siklus II adalah 87,80% dengan peningkatan sebesar 12,2%. Kemudian, rata-rata peningkatan persentase aktivitas guru pada siklus I dan II yaitu dari 73,61% menjadi 90,27% dengan peningkatan 16,6% sedangkan rata-rata peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I dan II yaitu dari 62,49% menjadi 82,14% dengan peningkatan sebesar 19,65%. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa 90% siswa berhasil meningkatkan hasil belajar IPA dengan hasil belajar yang baik sehingga penerapan model Discovery Laerning dalam penelitian ini terbukti dan dapat di terima dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 11 Pagi.

Kata kunci: Model, Discovery Learning, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Bundu,Patta. (2012). Penilaian keteramilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains di SD Jakarta: Depdiknas

Djamarah & Zain . (2013) Strategi Belajara Mengajar, Jakarta :Rineka Cipta.

Gunaawan, 2012, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Markaban, (20014) Metode& Model-Model Pembelajaran .Lombok. Holistica Lombok

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD

Sumaji, dkk. 2015. Pendidikan Sains yang Humanis. Jogjakarta: Kanisius IKAPI.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.