PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA CERITA RAKYAT

Neni Nadiroti Musliha

Abstract


Abstrak: Tujuan dilakukanya penelelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan strategi Reading Aloud dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah diterapkan startegi Reading Aloud. Hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran mengalami peningkatan, sehingga penerapan strategi Reading Aloud terlaksana dengan baik.

Kata kunci: Reading Aloud, cara membaca, siswa, hasil belajar, siswa SD.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu, dan Priyono. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

------------. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

------------. 2004. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 1996. Tes Hasil Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buchori, M. 2001. Teknik-teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Jemmars.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan KTSP. Jakarta: Tp.

Crow, Lester D.,and Alice Crow. 1956. Human Development and Learning.New York: American Book Company.

Departemen Pendidikan Nasional.2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Donald, Frederick Y. Mc. 1959. Educational Psychology. Tokyo: Overseas Publication LTD.

Ismail SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: RaSAIL Media Group.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA PRESS.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian suatu Tindakan Dasar. Surabaya: Sie Surabaya.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahastya Rineka.

S. Nasution. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.