PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUB TEMA SUMBER ENERGI MELALUI PEMBELAKARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Erlin Marlina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Sumberjaya 01 pada pembelajaran IPA tema selalu berhemat energi sub tema sumber energi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberjaya 01 dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan penellitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Proses pengumpulan data melalui tes hasil belajar IPA dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktif kooperatif tipe NHT dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA dibuktikan dengan nilai hasil belajar IPA pra-siklus sebesar 33%, pada siklus I tingkat ketuntasan meningkat sebesar 52%, siklus II mencapai 96%. Implikasi dari penelitian ini mengiindikasikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT menekankan siswa aktif secara fisik dan mental sehingga pembelajaran lebih bermakna dan pembelajaran berpusat pada siswa.

Kata Kunci :  Hasil Belajar  IPA, Kooperatif Tipe NHT, dan Penelitian Tindakan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad susanto, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar, Jakarta: Pranada Media Group

H.E.Mulyasa, 2015. Pengembangan danmImplementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mohammad Asrori, 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Wacana Prima.

Sandra E Cain and Jack M Evan, 1990. Sciencing AnInvolvement Approach to Elementary science methods, Third Edition Toronto: Merril Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i01.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.