ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS RENDAH

feniareny DA feniareny DA

Abstract


 

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran  Matematika Kelas Rendah. Penelitian ini termasuk pada jenis deskriptif karena berusaha menggambarkan kebutuhan belajar mahasiswa khususnya yang berhubungan dengan penguasaan pengetahuan dan memperoleh pengetahuan baru dengan indikator perencanaan pembelajaran, bahan ajar, metode, kondisi ruang kelas dan media pembelajaran . Subjek penelitiannya  adalah  mahasiswa  semester 3 PGSD Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik pengolahan datanya adalah menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh 59% mahasiswa membutuhkan perencanaan pembelajaran, 50% mahasiswa membutuhkan bahan ajar menyajikan materi yang lebih aplikatif, 54% mahasiswa membutuhkan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga memberikan pengalaman belajar yang  maksimal, 65.8% mahasiswa membutuhkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (E- learning, video).

Kata Kunci: Analisis, Kebutuhan Belajar, Pembelajaran Matematika Kelas Rendah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013 Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Masaong, A. K., & Ansar. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Malang: Sentra Media.

Maulina, D. & Amin, M. 2016. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Fisiologi Hewan di Universitas Lampung. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016. Malang 26 Maret 2016.

Morison dkk. 2001. Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta. http://uaksena.com/fungsi-dan-manfaat-media-pengajaran.html. diunduh 13 Januari 2017

Nana, Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Nation, I., & Macalister, J. 2010. Language Curriculum Design . London: Routledge Taylor and Francis Group.

Sudjana, D. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Witkin. 1984. Assessing Needs in Education and Social Programs. San Francisco: Jossey-Bass Publish.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i01.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.