PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD SEKECAMATAN KOTAAGUNG KAB.TANGGAMUS

Nopiana Nopiana, Suryadi Suryadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Karta Kecamatan Kotaagung Timur Tanggamus pada semester satu tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANOVA) dua jalan dengan desain treatmen by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan matematika siswa yang diajarkan menggunakan media interaktif lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga, (2) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan matematika, (3) bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, kemampuan matematika siswa yang diajarkan menggunakan media interaktif lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga, (4) bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, siswa yang diajarkan menggunakan media interaktif lebih rendah daripada siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dan kemandirian belajar dapat meningkatkan kemampuan matematika.

Kata Kunci :  Media Pembelajaran, Media Interaktif, Alat Peraga, Kemandirian Belajar, Kemampuan Matematika.


Full Text:

PDF

References


Anita, Sri. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

De Walle, John A Van. Matematika Pengembangan Pengajaran Sekolah Dasar dan Menengah terjemahan Suryono. Jakarta: Erlangga, 2008.

Karso, dkk. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

Petty, Geoff, Teaching Today. Unite Kingdom: Nelson Thornes, 2009.

Sanaky, Hujair AH. Media pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba, 2010.

Sukayati dan Agus Suharjana, “Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD.”Modul Matematika SD Program Bermutu, 2009.

Sundayana, Rostina. Media dan Alat Peraga. Bandung: Alfabeta, 2014.

TIMMS and PIRLS, TIMSS 2011 International Result in Mathematic. Boston: International Study Center, 2011.

Widjajanti, Djamilah Bondan. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan BagaimanaMengembangkannya.”Seminar Nasional dan Seminar Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i01.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.