NILAI MORAL DALAM FOLKLOR LEGENDA BATU QUR’AN (Studi Deskriptif Unsur Sastra Lisan dan Penyusunan Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SD)

Robiatul Munajah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk beroleh gambaran nilai-nilai Moral yang terkandung dalam folklor Legenda Batu Qur’an dan kesesuaianya dengan kriteria pemilihan bahan apresiasi sastra di SD. Dengan menggunakan pendekatan penelitian etnografi dengan langkah kerja model Sparadley yang terdiri atas  pengamatan deskriptif, analisis domain, pengamatan terfokus, analisis taksonomi, pengamatan terpilih, analisis komponensial dan diakhiri dengan analisis tema yang terdapat dalam folklor Legenda Batu Qur’an diperoleh data nilai  Moral yang terdapat meliputi Moral keagamaan, Moral kegotong-royongan, Moral kemanusiaan, dan  Moral sosial. Unsur Moral keagamaan merupakan unsur yang sangat dominan, Hal ini perlu diteladani oleh siswa. Folklor Legenda Batu Qur’an banyak memiliki unsur Moral yang berguna untuk perkembangan dan kematangan kepribadian Siswa. Folklor Legenda Batu Qur’an  dapat dipilih menjadi salah satu bahan pembelajaran apresiasi sastra di SD karena memiliki kesesuaian dengan kriteria pemilihan bahan pembelajaran apresiasi sastra di SD. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian aspek kebahasaan siswa, aspek perkembangan psikologis dan kandungan moral. Dalam tingkat keterbacaan atau kebahasaan, Folklor Legenda Batu Qur’an sangat sesuai, karena dilihat dari diksi cukup sederhana, bahasanya komunikatif dan memiliki kejelasan tema, kesederhanaan plot, kejelasan perwatakan, kesederhanaan latar, juga memiliki kejelasan pusat pengisahannya, sehingga  ide atau gagasan yang hendak disampaikan dapat mudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian Folklor Legenda Batu Qur’an memenuhi kriteria pemilihan bahan pembelajaran apresiasi sastra di SD khususnya di SD Kabupaten  Pandeglang.

Kata Kunci : Nilai Moral, Folklor


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhamad. 2010. Penelitian Prosedur dan Strategi,Bandung : Angkasa.

Aminudin. 2012. Pengantar Apresiasi Karya Sastra.Bandung : Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Atar Semi. 2012. Kritik Sastra. Bandung : Angkasa.

Danandjaja James.2015. Folklor Indonesia Ilmu Gosip, dongeng dan lain-lain. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti

Depdiknas.2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Depdiknas

Endar Suwardi. 2012. Metode dan Teori Pengajaran Sastra.Bandung ; Buana Pustaka.

Kinayati Joyosuroto.2012. Prosa Fiksi. Jakarta : Rineka Cipta

Panuti Sujiman.2014. Pembelajara Sastra.Jakata : Pustaka Jaya

Semi, Antar. 2014. Metode Penelitian Sastra.Bandung : Angkasa.

Sudjana, Nana. 2012. Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah.Bandung : Sinar Baru.

Sumardjo, Jakob & Saini K.M. 2016. Apresiasi Kesastraan. Jakarta : Gramedia

Surakhmad, Winarno.2014. Pengantar Penelitian Ilmiah.Bandung : Tarsito

Rahmanto. 2013. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta : Kanisius.

Rukmana Maman. 2012. Stuktur dan Nilai Moral Cerita Rakyat dan Model Pelestariaannya. STKIP SB Press : Banten.

Teeuw.A.2012.Sastera dan Ilmu Sastera.Jakarta: Pustaka Jaya.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i01.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.