PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS 5 SLOWLEARNER DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU AR-ROIHAN KECAMATAN LAWANG KABUPATEN MALANG DENGAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DINAMIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Febrianti Yuli Satriyani

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas 5 slowlearner di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang dengan pengembangan  pendidikan karakter dinamis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode class room action research (penelitian tindakan kelas) dengan peneliti sebagai instrument kunci, yaitu pembuat perencanaan sekaligus pelaksana kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian dilakukan melalui dua siklus dengan masing-masing terdapat empat tahapan yaitu, 1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi dan dilanjutkan lagi dalam siklus dua dengan pola yang sama agar terjadi peningkatan yang lebih signifikan pada siklus II. Hasil penelitian memnunjukkan bahwa, (1) Peningkatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat kegiatan diskusi sebanyak 30% dari siklus I ke siklus II , (2) Peningkatan ketepatan dan kelancaran dalam menjelaskan tentang arti dari Asma’ Al-Muhyi, Al Mumit dan Al Baqiy sebesar 20% dari siklus I ke siklus II, dan  (3) Peningkatan sebanyak 30% terkait kejelasan, ketepatan dan kebenaran contoh dari siswa mengenai bukti bahwa Allah memiliki Asma’ Al-Muhyi, Al-Mumit dan Al-Baqiy. Semua peningkatan tersebut terjadi karena adanya peningkatan semangat belajar dalam diri siswa yang dapat membuktikan bahwa dengan diterapkannya pendidikan karakter dinamis dalam setiap metode pengajaran dapat meningkatkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Karakter Dinamis

Full Text:

PDF

References


Bakri, Masykuri. 2009. Formulasi dan Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam Analisis Kritis Terhadap Proses Pembelajaran. Surabaya : Visipress Media.

Bakri, Masykuri dan Dyah Werdiningsih. 2011. Membumikan Nilai Karakter Berbasis Pesantren. Jakarta : Nirmana Media

Bakri, Masykuri. 2010. Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Paradigma Islam. Surabaya : Visipress Media.

Chatib, Munif.2011. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa

___________ 2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

Gardner, Howard.1993. Multiple Intelligences. The Theory in Practice. New York:Basic Books.

Ismail, dkk. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Semarang. Fakultas IAIN Walisongo.

Lubis, Mawardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Tholchah, Muhammad Hasan dkk . 2009. Metode Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis. Surabaya : Visipress Media.

http://ajenganjar.blogspot.com/2012/04/slow-learner.html

http://pinggiralas.blogspot.com/2010/06/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dalam.html

http://www.masbied.com/2012/02/21/pengertian-hasil-belajar-menurut-para-ahli/

http://www.masbied.com/2011/02/22/aqidah-akhlak/

http://id.wikipedia.org/wiki/Peserta_didik

http://id.wikipedia.org/wiki/Madrasah_ibtidaiyah




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.