PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

R. Wisnu Muhammad Yudhasmara, Etin Solihatin, Ajat Sudrajat

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk memecahkan masalah pembelajaran PPKn pada siswa kelas IV SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantu media audio visual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas Siswa pada siklus I dengan presentase 55% meningkat  pada siklus II  menjadi 68 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantu media audio visual dapat memecahkan masalah peda  pelajaran PPKn yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci ; Pembelajaran Berbasis Masalah; Audio Visual; Pendidikan Kewarganegaraan.


Full Text:

PDF

References


Adriantony, Syafruddin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Amir Hamzah Sulaiman, dkk. 1998. Audio Visual untuk Pengajaran dan Penyuluhan. Jakarta : Gramedia.

Anitah, Sri W,dkk. 2014. Strategi Pembelajaran di SD, Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.

Arif, S. Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Arikunto. Suharsimi,dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Aryani, Kusuma dan Markum Susantim.2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia

BSNP.2008. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem Pendidikan Nasional.

Etin Solihatin,.2012. Strategi Pembelajaran PPKn, Jakarta : Bumi Aksara.

Hamdani,2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Pustaka Setia.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi& Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

_____________ . 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran, Jakarta: Kata Pena

Winataputra, Udin S., dkk. 2014. Pembelajaran PKn di SD, Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka

Yaumi, Muhammad, Muljono Damopolii..2014. Action Reseach : Teori, Model , dan Aplikasi. Jakarta : Kencana

Jurnal:

Hermawan, Cecep Maman., 2010. Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran berbasis masalah”. Tesis Penelitian Tindakan S2 di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Nugraheni, Beti & Stefanus C.Relmasira. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Gambar Pada Siswa Kelas IV. JURNAL PENDIDIKAN DASAR Volume 8, Edisi 1, Mei 2017

Rahmawati & Purnamasari, 2016. Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Dipadu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kulit Di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bireun. Jurnal Variasi Volume 08, Nomor 01, Desember 2016

. Sumantri, Mohamad Syarif., 2016. Asesmen dan Intervensi Pedagogik dalam Membangun Generasi Emas ditinjau dari Perspektif Pengembangan Kreativitas Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7 Edisi 1 Mei 2016

Suryadi, 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media KOKAMI terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Sains, Volume 1, Nomor 4, Desember 2013, Halaman 375-381.

Suwandi, Yulis., 2015 Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisi 1 Mei 2015




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.