PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY: IPA DI SEKOLAH DASAR

Rossi Iskandar, Intan Kusmayanti

Abstract


Abstrak : Pada dasarnya, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi saintifik dan mengembangkan kemampuan mengelola alam dengan baik. Untuk menyelaraskan keterkaitan antara sains, teknologi serta hubungannya di tengah masyarakat maka sebaiknya dirancang suatu desain dan aplikasi pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan  sains teknologi masyarakat atau Sciene Technology Society. Pembelajaran sains dengan pendekatan Science Technology Society berarti menggunakan teknologi sebagai penghubung antara sains dan masyarakat. Dalam proses pembelajaran dengan pendekatan STS dimunculkan isu atau masalah lebih dahulu yang digali dari pendekatan kontruktivis. Dengan demikian peserta didik akan terlatih peduli terhadap lingkungan, sadar terhadap dampak positif dan negatif suatu teknologi, menyadari adanya nilai yang dianut dalam masyarakat, kreatif dalam mencari masalah dan penyelesaian masalah. Kemampuan ini sering dikatakan merupakan efek iringan dalam belajar sains.

Keyword : Pendekatan, Science, Technology, Society


Full Text:

PDF

References


Chaerunisa, D.K. (2013). Korelasi Prestasi Belajar Kemampuan Berfikir Kreatif dan Sikap terhadap Sains Siswa SMP Setelah Diterapkan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA. Undergraduated Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dean, J. (2000). Improving Children’s Learning Effective Teaching in Primary School. London and New York: Routledge.

Ben-Hur, M. (2006). Concept-rich mathematics instruction: building a strong foundation for reasoning and problem solving. Alexandria, Virgina USA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Harlen, W. and Qualter, A. (2004). The Teaching of Science in Primary School. London: David Fulton.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Djojosoediro, W. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. [electronic version] Surabaya: PGSD Unesa.

Organization for Economic Cooperation and Development. (2014). PISA 2012 Result in Focus What 15 Year Olds Know and What They Can Do with What They Know.

Rustaman, N. (2010). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sharp, J. et all. (2009). Primary Science Teaching Theory and Practice (4th edition). UK: Learning Matters Ltd.

Siahaan, P. dan Suyana, I. (2010). Hakikat Sains dan Pembelajarannya. [electronic version] Bandung: Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.

Sutrisno. (2006). Fisika dan Pembelajarannya. [electronic version] Bandung: Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.

Wuryastuti, S. (2008). Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. [electronic version]. Jurnal Pendidikan Dasar No. 9 April 2008 UPI.

Widodo, A., Wiryastuti, S., dan Margaretha. (2010). Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.