EFEKTIVITAS BAHAN AJAR KOMIK IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Yunita Sari, Nuhyal Ulia

Abstract


Abstrak : Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar komik IPA di kelas V SDN Ponowareng 01 pada mata pelajaran IPA. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Ponowareng 01. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen  berbentuk quasi experimental design. Desain metode penelitian ini berbentuk nonequivalent control group design . Hasil analisis secara statistik dengan uji-t yang dihitung dengan menggunakan program SPSS versi 16, diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu nilai t hitung =2,847 dan nilai t tabel =2,079, maka 2,847 >2,079. Nilai signifikansi bernilai < 0,05 yaitu sebesar 0,007. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar IPA siswa antara kelompok yang menerapkan model pembelajaran berbantuan komik IPA  dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional ( menggunakan buku BSE ). Sehingga bahan ajar komik dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Dirman dan Juarsih, C. (2014). Penilaian dan Evaluasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khurtul, Kamil.(2012). “ An Inquiri into Connectives and Their Use In Written Discourse”.The Journal of Language and Linguistic Studies. vol 8

Masdiono,T.(1998). Empat Belas Jurus Membuat Komik. Jakarta: Creative Media Jakarta.

Mulyasa. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rahayu, wahyuningsih.( 2012 ) “ Pengembangan model Pembelajaran Komeks yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter aspek Membaca Intensif di kelas IV SD”. Tesis.Semarang: Unnes

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/ TKI). Jakarta: Kencana.

. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyudin, D. 2008. PengantarPendidikan. Jakarta :Universitas Terbuka.

Wahyuningsih, A.N. 2011. Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembalajaran yang menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal PenelitianPendidikan, Volume 1 No.2. Hal 102-110.

Widoyoko, E.P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.