ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PANTUN DI SEKOLAH DASAR

AYU SARADINA LAROSA, ROSSI ISKANDAR

Abstract


Speaking skill is the skill of producing a stream of articulation sound systems that are used to appreciate, and convey ideas, desires, feelings, or desires in accordance with the context being faced by the reader. The method used in this research is a descriptive qualitative using poems as a medium for observation. The subjects of this study were teachers and students of grade 5 elementary school at SDN Pengadegan 07 Pagi. Data was obtained from observations, interviews, and questionnaires. The data obtained were checked for data, data encoding, clarification, and correction, and presented properly. The analysis technique used is based on the theory of Miles and Huberman which includes (1) data collection, (2) data reduction, (3) data display, (4) conclusion/verification. The results of this study are speaking skills at SDN Pengadegan 07 Pagi through poem students can convey the main idea well, the majority of children have given the main idea but articulation and intonation are low. The advantages of speaking skills through rhymes are that students can convey main ideas more creatively, speak loudly, and straightforwardly, have a good tempo, and are easy to understand. Deficiency of speaking skills through rhymes is a minimum of reaction from listeners because online, the reading tone and tempo are monotonous, and there are students who have poor intonation.

Keywords


Speaking, Speaking Skills, Poem

Full Text:

PDF

References


BAM, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa SMA Negeri 4 Surakarta: Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 281-301.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Do'embana, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Pantun

Melalui Teknik Balas Pantun di Kelas IV SDN 1 Tatura. Jurnal Kreatif

Tadulako, 4(6), 121007.

Fatmawati, P. Y. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Dengan Video Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas VI SDN 1 Rangkasbitung Timur. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 1(1), 9-17.

Firdausi, T., Rahmawati, R. D., & Ekayani, D. (2019). Peran Orang Tua sebagai Pendidik dalam Keterampilan Berbicara Anak Usia SD dari Komunitas Sedulur Sikep. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik

Pendidikan, 28(1), 55-59.

Firmansyah, M. B. (2018). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku

Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 119-125.

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196-210.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis

Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.

Magdalena, I., Khofifaturrahmah, M., Nurbaiti, L., & Padyah, P. (2021).

Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Peninggilan 1. NUSANTARA, 3(1), 41-47.

Margareta, N. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi Kelas 3 SD Negeri 2 Bangoan. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(9), 121-131.

Murti, F. N. (2017). Jejak pesona pantun di dunia (Suatu tinjauan diakronik-komparatif). FKIP e-Proceeding, 543-558.

Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis

Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP

PGRI Bojonegoro, 1(1).

Novianti, I., & Fatimah, V. S. (2019). Pengaruh Bahasa Daerah dan Gaul

Terhadap Guru dan Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan, 1, 543–549.

Novianti, W. S., Herlina, H., & Kusumajati, W. K. (2019, December).

Meningkatkan Keterampilan Pelafalan Siswa melalui Media Podcast. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190-200.

Panjaitan, C. J., & Hasanah, U. (2018, September). Meminimalisir kesulitan membaca dengan metode reading aloud pada siswa min 1 langsa. In Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 547-552).

Permana, E. P. (2016). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah

Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133-140.

Purwanti, D. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN

DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR BERBICARA MENULIS ( THINK TALK WRITE ) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 52–56.

Rezeki, N., Syahrial, S., & Surya, Y. F. (2019). Peningkatan Keterampilan

Berbicara Dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share.

Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 946-954.

Saputri, R. W., Amalia, N. (2018). Analisis keterampilan berbicara siswa kelas tinggi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Selo

(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 41–52. Retrieved from http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191

Sari, Y., Syahrul, R., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan antara keterampilan

membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil

observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 446-453.

Setiawati, A. (2016). Peningkatan Keterampian Berbalas Pantun Dengan

Metode IOC Berbantu Media Audiovisual Pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Shara, A. (2019). Analisis Kemampuan Menentukan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas V Sd Negeri 161 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 346-352.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v6i1.1463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.