PENGARUH KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA KELAS TINGGI

Dena Kaifal Kurni, Ratnawati Susanto

Abstract


Class management skills are skills that must be possessed and mastered by educators in the learning process. This research is motivated by a phenomenon that shows that the low quality of the learning process of students and the low skills of educators in classroom management. The purpose of this study was to determine whether there was an influence and the degree of influence of class management skills on the quality of the learning process in the high class. This research is a quantitative research using survey method. Determination of the number of samples was determined using the Slovin formula and obtained a sample of 108 respondents. Data collection techniques in this study use questionnaires. The results of the first hypothesis test with t test, obtained t count = 5.391> t table = 1.982 with a significance of 0.006 <0.05 means reject H0 and accept H1. Based on these data, it means that the variables of classroom management skills have a positive and significant effect on the quality variable of the learning process. The second test result with the coefficient of determination (R2), obtained an R value of 0.938, means that the correlation is very strong. As for the value of the coefficient of determination (R2), shows the R square number of 0.879 or 87.9%, meaning that the variation in the quality of the learning process can be explained by the variables of class management skills. The remaining 12.1% can be explained by other variables outside the research variable.
Keywords: Class Management, Learning Process

Keterampilan manajemen kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi pada fenomena yang menunjukkan bahwa rendahnya kualitas proses pembelajaran peserta didik dan rendahnya keterampilan pendidik dalam memanajemen kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan besar tingkat pengaruh keterampilan manajemen kelas terhadap kualitas proses pembelajaran pada kelas tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penentuan jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebesar 108 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil uji hipotesis pertama dengan uji t, diperoleh thitung = 5,391 > ttabel = 1,982 dengan sigifikansi 0,006 < 0,05 berarti tolak H0 dan terima H1. Berdasarkan data tersebut, berarti variabel keterampilan manajemen kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kualitas proses pembelajaran. Hasil pengujian kedua dengan koefisiensi determinasi (R2), diperoleh nilai R sebesar 0,938, berarti korelasinya sangat kuat. Sedangkan untuk nilai koefisiensi determinasi (R2), menunjukkan angka R square sebesar 0,879 atau 87,9%, berarti bahwa variasi variabel kualitas proses pembelajaran dapat dijelaskan oleh variabel keterampilan manajemen kelas. Sisanya, 12,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Proses Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arumsari, D. (2017). Pengaruh media pembelajaran dan keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa smk negeri 5 madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6, 13–25. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/assets/article/viewFile/1290/1084

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Djabidi, Faizal. (2016). Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.

Djamarah, Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Febrianto, A. (2014). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Gaya Mengajar Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Materi Pembelajaran Pembangunan Ekonomi SMA Negeri 2 Slawi. Economic Education Analysis Journal, 2, 1–8. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/3138

Kasyadi, Soeparlan. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Qudsi, U. (2016). Bagaimanakah Pengelolaan Kelas untuk Membentuk Lingkungan Bahasa Arab (Bi’ah Arobiyah)? Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 471–477. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/93/86

Rahayuningsih, R., & dkk. (2012). Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Disertai Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 51–58. Retrieved from https:// eprints.uns.ac.id/1754/

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Susanto, R. (2017a). Keterampilan Manajemen Kelas melalui Gerakan Sederhana Senam Otak (Brain Gym) di SD Pelita 2 Jakarta Barat. Jurnal Abdimas, 3, 1–13. Retrieved from http://ratnawati.weblog.esaunggul.ac.id/author/ratnawati/

Susanto, R. (2017b). Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas dengan Senam Otak dan Pengaruhnya terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa PGSD, FKIP Universitas Esa Unggul, Jakarta., (1), 821–829. Retrieved from http://ratnawati.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/5930/2018/05/17 3733-ID-proses-penerapan-keterampilan-manajemen.pdf

Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan. Jurnal MEDTEK, 3, 1–6. Retrieved from https: //s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/35942976/Jurnal_Pak_Marsus_Suti.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1530176332&Signature=NQm3oBwnYqkiV62072oEEu9V1ZE%3D&response-content-disposition= inline%3B filename%3DJurnal_Pak_ Marsus_Suti.pd

Yuliani, P., & Sucihatiningsih, D. W. . (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA Al-Asror Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3, 24–30. Retrieved from https://journal.unnes. ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4128




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i01.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.