NILAI KARAKTER DALAM BUDAYA PACU JALUR PADA MASYARAKAT TELUK KUANTAN PROVINSI RIAU

Hendri Mahardi, Erlisnawati Erlisnawati

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membahas Nilai Karakter dalam Budaya Pacu Jalur di masyarakat Teluk Provinsi Kuantan Riau. Data yang digunakan dalam pembahasan terkait dengan karakter dalam budaya Nilai Pacu Jalur di masyarakat Provinsi Teluk Kuantan Riau dikumpulkan melalui kajian literatur yang berkaitan dengan budaya Pacu Jalur. Budaya Pacu Jalur adalah perlombaan perahu dayung berukuran ± 40 meter yang telah berlangsung lama. Dalam budaya Pacu Jalur ada nilai karakter yang baik dan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Karakter yang terkait dengan konsep moral: mengetahui sikap moral, moral, dan perilaku moral. Karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang yang baik, keinginan untuk berbuat baik dan melakukan sesuatu yang baik dengan kebiasaan cara berpikir, kebiasaan dan adat istiadat di jantung tindakan. Berdasarkan hasil pembahasan dari nilai-nilai karakter yang terkandung dalam budaya Pacu Jalur masyarakat Teluk Kuantan Provinsi Riau, antara lain: (a) nilai karakter religius, (b) nilai-nilai karakter kerja sama dan saling membantu, (c) nilai-nilai karakter tanggung jawab, (d) nilai disiplin karakter, (e) nilai-nilai karakter kerja keras, (f) nilai-nilai karakter persatuan, (g) nilai-nilai karakter sportif, dan (h) nilai dari ramah karakter / komunikatif. Nilai karakter sangat penting bagi kehidupan di masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional dan global.

Kata kunci: Nilai Karakter, Budaya, Pacu Jalur


Full Text:

PDF

References


Hamidy, UU. 1986. Kesenian Jalur di Rantau Kuantan. Bumi Pustaka : Pekanbaru

Koentjaraningrat. 2002. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Kompas Gramedia.

Laode M. B. 2014. Analisis nilai-nilai pendidikan sosial budaya dan religi dalam tradisi budaya katoba sebagai pengembangan bahan pembelajaran IPS-SD (studi Etnografi Masyarakat Etnik Muna Provinsi sulteng). Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.

Lickona, T. (2012). Educating For Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter, bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Terj); Juma Abdu Wamaungo. Jakarta : Bumi Aksara.

Megawangi, Ratna. 2009. Pengembangan Program Pendidikan Karakter DiSekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Depok: Indonesia Heritage Foundation.

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi : Peluang Investasi Kabupaten Kuantan Singingi 2006.

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi. 2003. Buku Panduan Seabad Pacu Jalur: Pesta Rakyat Kuantan Singingi Teluk Kuantan 2003 (23-26 Agustus)




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.