PENINGKATAN HASIL BELAJAR JARING-JARING BALOK DAN KUBUS DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI SDN 26 SINGKARAK KABUPATEN SOLOK

Nelliarti Nelliarti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus penelitian. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terbukti dapat meningkatkan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus di kelas IV SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok.

 

Kata kunci: Hasil Belajar; jaring-jaring balok dan kubus; Pendidikan Matematika Realistik  Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hanurawan.2001. “Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah, Jika Tahu Triknya.” Makalah Online. http://www.bloggerkreatif.com/pemb/matematika. Diakses tanggal 14 Maret 2012.

Herawati. 2007. “Melaksanakan PTK dengan Mudah.” Bandung: UPI Press.

Husnaini. 2008. “Penilaian Hasil Belajar.” Laporan Penelitian. UPI Bandung.Muslich, Masnur. 2001. Pembelajaran Berbasis KTSP. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhsetyo, Gatot. 2009. “Pembelajaran Matematika SD.” Jakarta: Universitas Terbuka.Gravemeijer. 1994. Developing Realitics Mathematics Education. Freudenthal institute. Utrecht.

Nurgiantoro. 2001. “Merencanakan Pembelajaran yang Menyenangkan.? Jakarta: Bumi Aksara.

Rejeki, Sri. 2009. “Research Design: Pengurangan Bilangan Bulat.” www.PM4RI.id

Sudharta. 2004. “Pendekatan Matematika Realistik dalam Pembelajaran.” Surabaya: PM4RI.

Sunardi. 2001. “Pembelajaran Matematika dengan Konsep Realistik.” Jakarta: Gema Persada Pers.

Susanto. 2007. “Pembelajaran dengan KTSP 2006.” Jakarta: Bumi Aksara.

Wena ,Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Zulkardi. 2001. RMEI Memang Beda. (Online) diakses dari http://www.RMEi.or.id/artikel/index.php?main=3 akses tgl 2 Maret 2008.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.