HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian kuantitatif asosiatif di kelas IV SD Negeri Banjarsari 5 Serang Kecamatan Cipocok kota Serang)

Robiatul Munajah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dan berpikir kritis dengan kemampuan membaca pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Banjarsari 5 Serang Kecamatan Cipocok kota Serang, dengan jumlah siswa sebanyak 46 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi positif antara (1) penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman (2) berpikir kritis dengan kemampuan membaca pemahaman (3) penguasaan kosakata dan berpikir kritis dengan kemampuan membaca pemahaman. Berarti hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penguasaan kosakata dan berpikir kritis dengan kemampuan membaca pemahaman.

 

Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Berpikir Kritis, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Full Text:

PDF

References


Allen, Eileen K., Lynn R. Marotz. Developmental Profiles: Pre- Birth Through Twelve. (Jakarta: Indeks, 2010).

Elaine, B Johnson, Contextual Teaching and Learning (Bandung: Kaifah, 2014).

Nurdin Ibrahim, Muhammad Yaumi. Kecerdasan Jamak: Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013).

Nurhadi, Tata Bahasa Pendidikan Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa, (semarang: IKIP, I995).

Paul Hensey, Management Of Organization Behavior, (USA: Practice Hal International Inc, 1996).

Peak, et. al. Dalam Ali Malmir and Samad Shoorcheh, An Investigation of The Impact of Teaching Critical Thinking on The Iranian EFL Learners Speaking Skills, Journal of Language Teaching and Research (3) 4, 2012.

Slavin, Robet E. Educational Phschology Theory and Practice 4th Edition. Massachussetts: Paramount Publishing, 1994.

Soedarso. Speed Reading; Sistem Membaca Cepat dan Efektif (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010).

Stephen P. Robbins, Perilaku Organisasi Edisi Ke-10, (PT Indeks, 2006).

Sunaryo, Wowo. Taksonomi Berpikir. Bandung: Rosda, 2011.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Pengantar dan Berbagai Aspeknya. (Jakarta: Kencana, 2011).

Soenardi Djiwandono, Tes Bahasa Dalam Pengajaran, (Bandung: ITB, 1996).

Soenjonoardjowidjojo, Psikolinguistik Pemahaman Bahasa Manusia, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003).




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.