PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VI Wilayah VII, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan)

Sulistyani Puteri Ramadhani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dangan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa, media pembelajaran dalam penelitian ini adalah KIT IPA dan flipchart sementara gaya belajar terdiri dari Akomodasi dan Asimilasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Manggarai 17 Pagi dan SDN Manggarai 09 Pagi pada kelas VI wilayah VII Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakata Selatan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini melibatkan 126 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini mengungkapkan kesimpulan yaitu : Pertama, Hasil belajar IPA siswa yang diajari media KIT IPA lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan media Flipchart, Kedua, Hasil belajar IPA siswa yang memiliki akomodasi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar asimilasi. Ketiga, Terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Keempat, Hasil belajar IPA siswa diajarkan dengan media KIT IPA yang memiliki gaya belajar akomodasi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar Asimilasi. Kelima, siswa yang diajarkan dengan media Flipchart yang memiliki gaya belajar asimilasi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar akomodasi. Keenam, siswa yang memiliki gaya belajar akomodasi, hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diberikan media KIT IPA lebih tinggi dari siswa yang diberikan media Flipchart. Ketujuh, siswa yang memiliki gaya belajar asimilasi hasil belajar IPA antara siswa yang diberikan media pembelajaran KIT IPA lebih rendah daripada siswa yang diberikan media pembelajaran Flipchart

 

Kata kunci : media pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Admin Kompasiana. ”kasus nilai ulangan jelek kurang dari 6,0 bersiap kena hukuman dari guru”. kompasiana kompas.com cetak e-paper. Diakses pada tanggal 19 April 2014.

Cecep. Media Pembelajaran Manual dan Digital, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2011.

Depdikbud. Pedoman Penggunaan KIT IPA di Sekolah Dasar Kelas VI Jakarta: Depdikbud, 1993.

Ekawarna. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada, 2011.

Indriana, Dina. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jakarta : Diva.Jakarta Timur: Bestari Buana Murni, 2010.

Kaligis, Jenny R.E. Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1991.

Kolb, David A.Experiential Learning (Englewood Cliffs,NJ:Prentice Hall,1984.

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Jakarta : Ciputat Press, 2010.

Samatowa,Usman. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Indeks, 2010.

SDN Manggarai 17 Pagi Kecamatan Tebet Jakarta Selatan, Arsip nilai Ulangan Umum SD Negeri Manggarai 17 Pagi Jakarta Selatan.

Simdik. Arsip Nilai UN. http://simdik.info/hasilun/index.aspx/ (Diakses pada tanggal 17 April 2014).

Srini, M. Iskandar Srini M. dan Eddy.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud, 1996.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 1993).

Susilana, Rudi. Media pembelajaran hakikat, pengemabangan, pemanfaatan dan penilaian. Bandung : CV wacana, 2009.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.