PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Eksperimen Siswa Kelas V SDN 20 Kota Serang Banten)

Winda Amelia

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Model penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah model eksperimen. Sedangkan, desainnya menggunakan desain  Treatment By Level 2x2 dan hipotesis penelitian ini diuji menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Sampel penelitian ini adalah salah satu siswa kelas V SDN 20 Kota Serang dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi; (2) Terdapat pengeruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA; (3) Hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah lebih tinggi daripada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi; (4) hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah lebih rendah daripada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

 

 

Kata Kunci: hasil belajar ipa, metode pembelajaran, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Fachrurazi. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi MatematisSiswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (1), 2011.

Fajriah, Nurul. Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar IPA. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2014.

Fathurrohman, Pupuh. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama, 2010.

Nurhayati, Eti. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya, 2008.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2014.

Putra, Sitiatava Rizema. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching . Ciputat: Quantum Teaching, 2010.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2008.

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana, 2008.

Semiawan, Conny R. Kreativitas Keberbakatan. Jakarta: Indeks, 2009.

Yamin, Martinis. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences). Jakarta: Kencana, 2013.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.