SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA IMIGRAN DI SEKOLAH INDONESIA BANGKOK

Dian Fitri Nur Aini

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self regulated learning siswa imigran di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Berdasarkan observasi yang dilakukan di SIB menemukan bahwa terdapat perbedaan antara sikap serta tingkah laku siswa Indonesia yang bersekolah di Indonesia dan siswa siswa Indonesia yang bersekolah di luar negeri. Perbedaan lingkungan tentunya juga berdampak pada perbedaan sistem pendidikannya. Sistem Pendidikan yang diterapkan secara tidak langsung akan berdampak pada sikap serta kebiasaan siswa. Sikap serta kebiasaan belajar cenderung berkaitan dengan self regulated learning. Self regulated learning merupakan kemampuan mengatur sikap dan tingkah laku yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pada dirinya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa SRL siswa imigran di SIB cenderung baik dan hal tersebut dipengaruhi oleh metakognisi, motivasi dan perilaku.

Kata Kunci : Self regulated learning, siswa imigran, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Pressley, M. (2015). More about the development of self regulation complex, long term, and thoroughly social. Educational Psychologist,29, 200-134.

Pintrich, P.R., & De Groot, E.V. (2010). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academics Performance. Journal of Educational

Kuiper, R. (2015). Self regulated Learning during a clinical preceptorship: The reflections of senior baccalaureate nursing students. Nursing Education Perspectives. 25 (3), 253-257.

Latipah, Eva. (2010). Strategi Self Regulated

Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. [pdf] diakses pada 15 Januari 2018

Santrock, John. W. (2011). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Terjemahan Tri Wibowo, Jakarta: Prenada Media Group.

Woolfolk. (2012). Educational Psychology.

Active Learning Edition Tenth Edition.

Boston: Allyn & Bacon.

Zimmerman, B. J. (2014). Developing self-fullfilling cycles of academic regulation: An analysis of exemplary instructional models. In D. H. Schunk & B. J. Zimmerman (Eds.), Selfregulated learning: From teaching to

self-reflective practice (pp. 1-19). New York, NY: Guilford Press.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i1.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.