PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI

Hetty Agustina, Sumarni Sumarni, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk multimediainteraktif dalam pembelajaran tematik Kelas III Tema Keperluan Sehari-Hari. Model pengembangan produk menggunakan model ASSURE. Model ini dipilih karena sesuai dengan penelitian pengembangan ini yang menggunakan konsep teknologi dalam membuat produk berupa multimedia interaktif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia interaktif yang memiliki kevalidan, kemenarikan, keefektifan dan kepraktisan yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan analisis penilaian kevalidan produk diperoleh hasil 77% yang masuk kategori “valid”, kemenarikan produk diperoleh hasil 97% yang masuk kategori “sangat menarik”, keefektifan produk diperoleh hasil 91% yang masuk kategori “sangat efektif”, dan kepraktisan produk diperoleh hasil 90% yang masuk kategori “sangat praktis”.

 

Kata Kunci:multimedia interaktif, pembelajaran tematik,ASSURE

Full Text:

PDF

References


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2014. Materi Pelatihan Guru,Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan SumberDaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Mayer,R. 2011. Multimedia Learning Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Munir.2013. Multimedia: Konsep & Apikasi dalam Pendidikan.Bandung:

Alfabeta

Prastowo, Andi.2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif:Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press

Smaldino, S.E. 2011. Instructional Technology & Media For Learning: TeknologiPembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i1.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.