Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Nilai Siswa Kelas III pada Tema 3 Subtema 1 “Benda di Sekitarku” di SDN 2 Makarti Jaya

Kalimah Kalimah

Abstract


Abstrak: Penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap nilai kognitif siswa kelas III pada tema 3 subtema 1 “benda di sekitarku” di SDN 2 Makarti Jaya bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBM terhadap nilai kognitif siswa kelas III yang peneliti pegang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melakukan penilaian pree-test dan post-test siswa guna untuk mengetahui peningkatan nilai yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,530 artinya sig > dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang sangat nyata di dalam penerapkan model pembelajaran PBM terhadap nilai kognitif siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBM berpengaruh sangat nyata terhadap nilai kognitif siswa kelas III SDN 2 Makarti Jaya.

 

Kata kunci: PBM, Pree-Test, Post-Test, Siswa kelas III SDN 2 Makarti Jaya

Full Text:

PDF

References


Handika, I., & Wangid, M. N. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 85-93.

Barret, Terry (2005). Understanding Problem Based Learning. [online].

Dewi, P.S.U., Sadia, I.W., & Suma, K. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Melalui Pengendalian bakat Numerik Siswa SMP.

Lidinillah, D. A. M. 2015. PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING).

Siti, D. K. N. (2018). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sugiyono. 2014. Metide Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i1.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.