PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN NEGERA TETANGGA DI KELAS VI SD NEGERI SUKASARI 2

Robiatul Munajah

Abstract


Abstrak: Guru merupakan ujung tombak untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa. Guru sebagai disainer di kelas harus mampu mengadakan perubahan atas kebiasaan siswanya belajar. Penulis mencoba menggunakan salah satu model belajar untuk mengatasi permasalah di kelas. Di kelas VI SD Negeri Sukasari 2 dalam Pelajaran IPS siswa mengalami kesulitan memahami beberapa konsep tentang Gejala Alam di Indonesia dan Negara Tetangga. Hal ini tergambar dari rendahnya hasil ulangan umum yang rata-rata hanya mencapai 4,8, sedangkan Kriteria Ketuntasan  Minimal (KKM) yang telah di targetkan  adalah 6,5. Untuk  mengembangkan  pemahaman, minat dan  meningkatkan  aktivitas  belajar  siswa,  peneliti   akan  mencoba  dengan model pembelajaran   pertandingan  permainan team  atau  Teams Games Tournaments (TGT). Model TGT merupakan salah satu model Cooperative Learning, menurut Michaels dalam Entin (2010:5) mengemukakan tipe TGT adalah model pembelajaran yang membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman dan sikapnya sesuai dengan kehidupannya di masyarakat sehingga dengan bekerja dan berkompetisi dapat meningkatkan motivasi ,pruduktivitas dan perolehan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri Sukasari 2 Kecamatan Kaduhejo, pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Peningkatan rata-rata aktivitas siswa dalam berkelompok pada siklus 1 sebesar 50.00 % dan pada siklus ke 2 sebesar 57.56 % hal ini menunjukan bahwa aktivitas siswa dari siklus kesatu ke siklus kedua ada peningkatan sebesar 7.56 %. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dapat merubah aktivitas siswa menjadi lebih baik, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang baik pula.

Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Model Teams Games Tournaments, Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. Abu. 2014. Didaktik Metodik. Semarang: CV. Toha Putra.

Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bruce Joyce, Marsa Weil dan Emily Calhoun.2014.Models Of Teaching. Person Education: New Jersey.

Dimyati.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah.Bahri.Saeful dan Zaein, Aswan. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Lie, A. 2014 Kerja Kelompok. Jakarta: Grasindo.

Mettler. Craig. 2009. Action Research ‘Teachers as Researchers in the ClassRoom. Sage: London

Mukminan. 2014. Pembelajaran Tuntas, Jakarta: Depdiknas.

Solihantin dan Rahadjo. 2018. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Sujatmiko dan Nurlaili, L. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i1.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.