PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU KELAS II SEKOLAH DASAR

Winda Amelia, Robiatul Munajah

Abstract


Abstrak : Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca melalui media big book tema bermain di lingkunganku untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dan apakah menggunakan media big book tema bermain di lingkunganku dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN Parumasan Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan selama 12 kali pertemuan. Adapun langkah-langkah metode penelitian tindakan dengan model Kemmis & Taggart yaitu meliputi (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Sebelum melakukan penelitian, diadakan penelitian pra tindakan untuk mengetahui hasil prosentase awal keterampilan membaca siswa kelas II SDN Parumasan Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten. Sehingga dapat diketahui seberapa peningkatan yang terjadi antara sebelum dilakukan tindakan dengan setelah dilakukan tindakan baik dalam siklus I maupun siklus II. Keterampilan membaca siswa dapat meningkat setelah dilakukan tindakan melalui media big book. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa rerata kelas pada pra tindakan sebesar 34,89%. Setelah dilakukan tindakan dalam siklus I meningkat rerata kelas menjadi sebesar 54,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,03%.

 

Kata Kunci : Keterampilan Membaca, Media Big Book, Siswa Kelas II Sekolah Dasar

References


Arikunto, Suharsimi. et.al. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Heroman, Gate dan Candy Jones. 2005. Literacy the Creative Curriculum Approach. Washington:Teaching Strategies.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sutirman. 2013. Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

USAID. 2014. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta: USAID.

Wijaya, dkk. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i1.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.