HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Heru Yuono

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan hasil belajar Bahasa Indonesia di SDN 2 Metro Utara. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di SDN 2 Metro Utara, dengan Subjek penelitian peserta didik kelas V semester 2 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana hubungan atara minat baca dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik di kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara variabel minat peserta didik sebagai variabel X1 dan variabel kemampuan berpikir kritis peserta didik sebagai variabel X2 dengan variabel hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik sebagai variabel Y. nilai R square sebesar 0.976, yang berarti peran atau kontribusi variabel minat baca peserta didik dan variabel kemampuan berpikir kritis peserta didik mampu menjelaskan variabel hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik sebesar 97,6%. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dapat mempengaruhi minat baca peserta didik dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: minat baca peserta didik, kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan hasil belajar Bahasa Indonesia.

 

Kata Kunci: Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

 

 

Abstract : The purpose of this study was to determine the relationship between reading interest and the level of students' critical thinking skills with the results of learning Indonesian in the Public Elementary School 2 North Metro. This research was carried out in Public Elementary School 2 North Metro, with 25 subjects in the second semester of the fifth grade students. This study uses quantitative method research to determine the extent of the relationship between reading interest and the ability to think critically with Indonesian language learning outcomes of students in class V. The results of this study indicate a positive relationship between the variables of student interest as X1 variable and the students' critical thinking ability variable as X2 variable with the Indonesian language learning outcomes variable as Y variable. R square value is 0.976, which means the role or contribution of reading interest variables students' achievement and students' critical thinking ability variables were able to explain the variables of Indonesian language learning outcomes of students by 97.6%. The implications in this study indicate that the learning outcomes of Indonesian students can influence students' interest in reading and students' critical thinking abilities. Keywords: students' interest in reading, students' critical thinking skills, and Indonesian language learning outcomes.

 

Keywords: Interest in Reading, Critical Thinking Ability, Indonesian Language Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Bastiano, Undang Sudarsana. 2011. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bloom, Benjamin S. dkk. 1956. Taxonomy of Education Objectives The Classification of Educational Gools Handbook I: Cognitive Domain. New York: Longman Inc .

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta : Raja Grafindo.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Faiz, Fahruddin. 2012. Thingking Skill. Yogyakarta: Suka Press.

Naim, Ngainun. 2013. The Power of Reading. Yogyakarta: Aura Pustaka

Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suriasumantri, Jujun S. 2007. Filsafat llmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan, dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i2.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.