PENGARUH APLIKASI SEESAW TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI

Theresa Agnes Boki, Satia Imelda Yuanita, Nuris Azizah, Eem Dhine Hesrawati, Endah Rachmawati

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan bahasa anak usia dini dalam menggunakan aplikasi Seesaw. Seesaw adalah sebuah media digital pembelajaran yang memungkinkan setiap anak mampu mengembangkan kemampuan bahasa mereka. Menurut UU No, 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa anak usia dini adalah anak yang berumur 0 sampai 6 tahun. Permasalahan yang terjadi adalah keterlambatan dalam pengumpulan tugas dan pemahaman anak terhadap kegiatan belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus di kelas TK A PAUD YPJ Kuala Kencana. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Kesimpulan penelitian ini adalah anak dapat mengembangkan kemampuan bahasanya dalam menggunakan keterampilan berkomunikasi, bernyanyi, menceritakan kembali, mengenal bunyi huruf, suku kata dan menyusun kalimat secara sederhana.

Kata Kunci; aplikasi seesaw, kemampuan bahasa, anak usia dini

 

Abstract This study aims to determine the development of early childhood language skills using the seesaw application. Seesaw is a digital learning media that allows every child to develop their language skills. According to Law No. 20 of 2003 concerning the national education system, early childhood is a child aged 0 to 6 years. The problems are delays in collecting assignments and children’s understanding of learning activities. This research uses qualitative research with case studies in the TKA PAUD YPJ Kuala Kencana class. The research technique used is interviews and observations using case study research methods. This study concludes that children can develop their language skills by using communication skills, singing, retelling, recognizing letter sounds and syllables, and compiling simple sentences.

Keywords; seesaw application, language skills, early childhood


Keywords


aplikasi seesaw, kemampuan bahasa, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Dhieni, Nurbiana dkk. (2019). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Enrico, S. P., Wulan, A. R. and Solihat, R. (2018). Penggunaan Asesmen Berbasis Seesaw Untuk Meningkatkan Literasi Informasi Abad 21 Pada Pembelajaran Biologi. JPBIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 18–30. DOI:10.31932/jpbio.v3i2.306.

Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Stainu Purworejo Journals, DOI: https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112.

Masyrofah. (2017). Model pembelajaran montessori anak usia dini. . As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, p. 105-116, dec. 2017. ISSN 2685-1326.

Murphy, A. (2022, Mei 18). seesaw. Retrieved from seesaw: https://help.seesaw.me/hc/en-us/articles/115003713306-What-is-Seesaw-

PERMENDIKBUD. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud.

Qotimah, K. (2018). Kelas Digital Seesaw Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SMP Negeri Sentani Kabupaten Jayapura. Ilmu Pendidikan Humaniora, 10 (2), 1-15. http://www.publikasiilmiah.com/wp-content/uploads/2018/10/7.-KHUSNUL-594-607.pdf.

Raharjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: Maulana Malik Ibrahim Malang: Universitas Islam Negeri.

Rahayu, P. (2017). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathin Journal, DOI:http://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Scharfstein, M. and Gaurf. (2013). Penerapan Aplikasi Seesaw. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. DOI: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Syah, A. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di indonesia:sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I 7 (5), DOI: https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140.

Twiningsih, A. (2021). Penggunaan media seesaw class pada kegiatan belajar dari rumah selama pandemi covid. Edudikara, DOI: https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.247.

UUD. (1945). Undang-Undang Dasar Negara 1945, Pasal 31.

Yin, R. (2018). Case Study Research and Applications Design and Methods. California: SAGE Publications.Inc. Sixth Edition.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v5i1.1337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760