PELAKSANAAN KEGIATAN JURNAL PAGI DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK IT HARAPAN UMAT KARAWANG

Ervin Nurkhalizah, Undang Ruslanwahyudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak dengan menerapkan metode jurnal pagi pada anak di TK IT Harapan Umat Karawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak usia 4-6 tahun. Subjek penelitian bersumber pada informasi anak dengan jumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan bahasa melalui bercerita dengan jurnal harian pagi pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak dengan penerapan metode jurnal pagi menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan berbahasa reseptif, ekspresif dan keaksaraan. Hasil kemampuan reseptif didasarkan pada persepsi anak, kemampuan ekspresi lebih dekat dengan persoalan psikologi anak, dan kemampuan keaksaraan menunjukkan simbol-simbol dalam aksara. Langkah-langkah penerapan metode jurnal pagi adalah guru memberi perintah kepada siswa untuk mengambil buku jurnal masing-masing kemudian siswa menggambar sesuai ide dan siswa tersebut kemudian hasilnya diceritakan kepada guru. Penerapan metode jurnal pagi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Keywords


Anak Usia Dini; Jurnal Pagi; Kemampuan Bahasa

Full Text:

PDF

References


Karimah, Fijanatul, and Anita Chandra Dewi. “Analisis Perkembangan Bahasa Melalui Bercerita Jurnal Pagi Dan Story Telling Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 10, no. 2 (2021): 321–36. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9239.

Utami, M. “Implementasi Metode Jurnal Pagi Dalam Menumbuhkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kecamatan …,” 2021. https://pgsd.umk.ac.id/files/semnas-pgsd-umk-2021/25-30-mari-utami.pdf.

Sarnah, Siti, Fadlullah, and Tri Sayekti. “Pelaksanaan Kegiatan Jurnal Pagi Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Dasar, 2020, 1–15. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17785.

Susilawati, Eneng Sri. “Penerapan Jurnal Pagi Untuk Pembelajaran Paud Di Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Setia Budhi 2, no. 22 (2021): 69–78.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v5i2.1525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760