PENGEMBANGAN MEDIA CATUR EKSPRESI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL EMOSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Annisabella Ananda Gemilang, Mallevi Agustin Ningrum

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilaksanakan bertujuan untuk dapat menghasilkan media catur ekspresi sebagai media pengenalan emosi anak usia 5-6 tahun terhadap stimulasi kemampuan mengenal emosi anak. Latar belakang masalah dalam penelitian ini karena kurangnya kemampuan anak dalam mengenali emosi diri dan orang lain yang disebabkan oleh kurangnya variasi penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran serta kurangnya penerapan materi mengenal emosi baik diri sendiri maupun orang lain. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang dipakai menggunakan model ADDIE, penelitian dilakukan terdapat 5 tahapan: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Sebelum media dilakukan uji coba kepada anak, media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian pada peneilitian ini berjumlah 12 anak. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media catur ekspresi memperoleh hasil 74% dari validasi ahli materi dikategorikan “baik” dan memperoleh skor 96% dari validasi ahli media dikategorikan “sangat baik”, hasil uji coba pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan mengenal emosi pada anak usia 5-6 tahun di TK Dwi Karya. Hasil efektivitas menggunakan paired sample T test dengan hasil 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Dengan arti adanya kenaikan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media catur ekspresi sebagai media pembelajaran  untuk menstimulasi mengenal emosi anak usia 5-6 tahun sudah layak dan dikatakan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran mengenal emosi dasar diri sendiri dan orang lain.

Keywords


Anak Usia 5-6 Tahun; Emosi; Media Catur Ekspresi

Full Text:

PDF

References


Afrianti, N. (2018). Permainan Tradisional, Alternatif Media Pengembangan Kompetensi Sosial-Emosi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10405

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Bratitsis, T., Kontovounisiou, A., & Kiriazoglou, M. (2021). A board game proposal for teaching informatics related topics in Early Childhood Education. SHS Web of Conferences, 102, 01001. https://doi.org/10.1051/shsconf/202110201001

Darmiah. (2020). Perkembangan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Emosi Anak Usia MI. Oionir:Jurnal Pendidikan, 8(2).

Goleman, D. (2016). Kecerdasan Emosi. Gramedia.

Guslinda, dan R. kurnia. (2018). Media Pembelajraan Anak Usia Dini. Jakad Publishing.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Meilani, S., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hurlock, E. . (2000). Psikologi Perkembangan. Erlangga.

Khotimah, N., Rakhmawati, N. I. S., & Hasibuan, R. (2020). The Effectiveness of Computer-Assisted Instruction on Students’ Cognitive Skill to Know Geometric Shapes. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(2), 63–72. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i22020p063

Laily, S. N., & Fitri, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA CATUR TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. PAUD Teratai, 10(1).

Manizar HM, E. (2017). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 198–213.

Nindika, D. (2017). Big Book terhadap Kemampuan Mengenal Ekspresi Emosi. Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 8(2), 11–18. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/498

Ningrum, M. A., & Wardhani, M. R. K. A. (2021). Pengembangan Buku Panduan Anti-Bullying untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 131–142. https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-03

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Rachmawati, Y. (2014). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. 1–43.

Regita, P. (2019). Pengembangan Permianan Engklek Bagi Kecerdasaan Interpersonal Anak Usia Dini Di Desa Tebat Kubu Manna Bengkulu Selatan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. DEEPUBLISH.

Rustari, L., Fadillah, & Ali, M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islamiyah. Jurnal : Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35858

Sari, I. N., Ilhami, B. S., & Adawiyah, R. (2022). Pengembangan Media Papan Perintah untuk Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Bunga Melati NW Presak Sakra. Jurnal Cikal Cendekia, 02(02), 1–11.

Saroinsong, W. P., & Poluakan, C. (2017). Positive Contribution of Parenting and Socio-emotional Developmenting Children’s Social Skills. International Journal of Humanities and Social Science, 7(4), 124–127.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (12th ed.). Remaja Rosdakarya.

Türkoğlu, B. (2019). The effect of educational board games training programme on the social skill development of the fourth graders. Elementary Education Online, 18(3), 1326–1344. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.612180

Widiyanto. (2013). Statistika Terapan. PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i1.1667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760