Efektifitas Permainan Bentengan terhadap Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak Jannatul Ma’wa Padang

Deni Winda Fitri, Asdi Wirman

Abstract


Abstract This study aims to find out how much effectiveness the game against the social development of children in Jannatul Ma'wa Padang Kindergarten. The research begins with the assumption that social development can be done through playing games. Children do not want to work with friends and prefer to do activities individually. Even to reduce those who still like to disturb their friends while following the learning process. This study is a quantitative approach with an experimental type of quasy. The population of children in Jannatul Ma’wa Padang Kindergarten. The sampling technique was purposive sampling, finally obtained samples of classes B1 and B2, each of which amounted to 12 children. The average social ability achieved by children in the experimental class was 80,56 and the control class with an average of 71,53. While the effect size with cohen's d is 1,09>0,80. These results can be concluded that the bentengan game effectively develops the social skills of children in Jannatul Ma’wa Padang Kindergarten.

 


Keywords


bentengan game, children’s social development

Full Text:

PDF

References


Annisa, dkk. 2019. “Hubungan Persepsi Orang Tua tentang Dampak Smarthphone terhadap Perkembangan Sosial pada Anak di Kelompok Bermain Gugus 1 Kecamatan Nanggalo Kota Padang”. Jurnal Ilmiah Potensia (Vol. 4, No. 1). Di unduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Asih, Kurnia Pramukanthi. (2015). “Pembelajaran Lari Cepat Melalui Permainan Bentengan Untuk meningkatkan Partisipasi dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Randublatung Kabuoaten Blora 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan (Vol. 4 No. 1). Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Eliza, Delfi. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Konstektual Learning (CTL) Berbasis Sentra di Taman Kanak-kanak”. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. XIII No. 2). Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Hanif, Yulingga Nanda dan Sugito. (2015). “Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional”. Jurnal SPORTIF (Vol. 1 No. 1 November 2015). Diunduh pada tanggal 4 Januari 2019.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan (Edisi kelima). Jakarta: Erlangga

Huda, Khairul. (2016). “Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Bermain Benteng-bentengan”. Jurnal Realita ( Vol. 1 No. 2 Edisi Oktober 2016). Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Indraswari, Lolita. (2012). “Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-kanak Pembina Agam”. Jurnal Pesona PAUD (Vol. 1 No. 1). Diunduh pada tanggal 13 Juli 2019.

Khasanah, Ismatul, dkk. (2011). “Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini”. Jurnal Penelitian PAUDIA (Vol. 1 No. 1). Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Khosasi, Lita, dkk. (2018). “Perancangan Media Pengenalan Permainan Tradisional untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia 6-9 Tahun”. Jurnal Pendidikan. Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Martani, Wisjnu. (2012). “Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini”. Jurnal Psikologi (Vol. 39 No. 1). Diunduh pada tanggal 13 Juli 2019.

Mayar, Farida. (2013). “Perkembangan Sosial Anak Usia Dini sebagai Bibit untuk Masa Depan Bangsa”. Jurnal Al-ta’lim (Jilid 1 Nomor 6 November 2013). Diunduh pada tanggal 13 Juli 2019.

Nur, Haerani. (2013). “Membangun Karakter Anak melalui Permainan Anak Tradisional”. Jurnal Pendidikan Karakter (Th. 111 No. 1 Februari 2013). Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Nurmalitasari, Femmi (2015). “Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah”. Buletin Psikologi (Volume 23, Nomor 2). Hlm. 103-111. Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Santrock, John W. 2012. Perkembangan Masa Hidup (Edisi ketigabelas). Jakarta: Erlangga.

Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak). Jakarta: Kencana.

Wirman, Asdi, dkk. (2018). “Penggunaan Media Moving Flashcard untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini”. Early Childhood (Vol. 2 No. 2 November 2018). Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Wulandari, Retno, dkk. 2016. “Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun dengan PAUD dan Tanpa PAUD di Kecamatan Peterongan Jombang”. Biomedika (Vol. 8, No. 1). Di unduh pada tanggal 15 Juli 2019.

Yeni, Indra. (2015). “Kefektifan Penggunaan Permainan Perkusi Sederhana untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak di Taman Kanak-kanak”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 22 No. 1). Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Yudiwinata, Hikmah Prisia dan Pambudi Handoyo. (2014). “Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma (Vol. 2 No. 3). Diunduh pada tanggal 9 Juli 2019.

Zahro, Ifat fatimah. (2015). “Penilaian dalam Pembelejaran Anak Usia Dini”. Tunas Siliwangi (Vol. 1 No. 1). Diunduh pada tanggal 13 Juli 2019.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v2i1.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760