PENGUJIAN USABILITY APLIKASI PEDULILINDUNGI DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Mochammad Alvian Kosim, Setiawan Restu Aji, Muhammad Darwis

Abstract


PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh pemerintah Republik Indonesia  yang bertujuan untuk  pemerintah dalam mengntrol dan melacak penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). PeduliLindungi memiliki fitur utama melacak lokasi, sehingga aplikasi ini memerlukan partisipasi masyarakat sebagai pengguna untuk saling menginformasikan lokasinya saat berpergian,  dengan tujuan agar dapat melacak lokasi dan riwayat kontak dengan penderita Covid-19. Akan tetapi dalam pengoperasian dan pelaksanaannya muncul berbagai masalah yang dihadapi oleh pengguna antara lain, respon aplikasi yang lambat dan kurang intuitif, informasi yang kurang jelas, serta masalah aplikasi yang sering force close. Jurnal ini ditujukan untuk menggambarkan nilai usability terhadap aplikasi PeduliLindungi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode SUS dengan memberikan beberapa kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan terkait aplikasi PeduliLindungi kepada 35 responden pada penelitian pertama. Dari penelitian tersebut didapatkan 7 rekomendasi yang selanjutnya diaplikasikan pada aplikasi PeduliLindungi sebagai perbaikan. Pada penelitian kedua, melibatkan 4 pakar sebagai responden untuk menilai usability aplikasi tersebut setelah dilakukan perbaikan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai usability setelah dilakukan perbaikan dari angka 65 pada skor SUS pertama menjadi 81 pada skor SUS kedua.


Keywords


IMK; Kebergunaan; Metode SUS; PeduliLindungi

Full Text:

PDF

References


D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, vol. 13, no. 2, pp. 130–143, Aug. 2020, doi: 10.21107/rekayasa.v13i2.6584.

J. Brooke, “SUS: A quick and dirty usability scale System Usability Scale View project Fault diagnosis training View project,” 1986. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/228593520

W. Sudiarsa and G. B. Wiraditya, “Heuristic Evaluation Usability Analisys On Information And Tracking Covid-19 Application Peduli Lindungi Using Heuristic Evaluation,” Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), vol. 3, no. 2, 2020.

H. Wijayanto, D. Daryono, and S. Nasiroh, “Analisis Forensik Pada Aplikasi Peduli Lindungi Terhadap Kebocoran Data Pribadi,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), vol. 9, no. 2, p. 11, Nov. 2021, doi: 10.30646/tikomsin.v9i2.572.

A. Ikhwan, “Interaksi Manusia Dan Komputer,” 2020.

J. Sains, D. Teknologi, P. Sukmasetya, A. Setiawan, and E. R. Arumi, “Penggunaan Usability Testing Sebagai Alat Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi”.

D. Triwiraputri Martinadhia, M. Hafiyan Rusyda, and R. Hakim Hadi Saputra, “Analisis Permasalahan Pada Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Dalam Perspektif Hukum Nasional,” Analisis Permasalahan Pada Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Dalam Perspektif Hukum Nasional, vol. 9, no. 2, 2021, [Online]. Available: https://covid19.go.id/p/berita/empat-

Sauro. Jeff, “Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS)”, 2011




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v4i2.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactjurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.