RANCANG BANGUN APLIKASI INVENTORY BARANG DI SMP NEGERI 3 MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG BERBASIS ONLINE

Mira Febriana Sesunan, Darsin Darsin

Abstract


SMP Negeri 3 Menggala merupakan sebuah sekolah negeri yang berada di daerah kabupaten tulang bawang, lampung. SMP Negeri 3 Menggala mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, namun selain melaksanakan tugas di bidang pendidikan SMP Negeri 3 Menggala juga memiliki pekerjaan umum yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pelayanan. Selama ini, sistem inventarisasi barang masih dilakukan secara manual meskipun sudah berjalan dengan baik tetapi hanya sebagai media pendataan inventaris. Sistem inventarisasi ini, masih menggunakan buku besar untuk mencatat barang-barang yang ada. Semua keterangan mengenai barang inventarisasi kantor dicatat dalam buku besar, sehingga untuk catatan barang-barang di tahun-tahun sebelumnya sebagian  sudah  tidak  ada  lagi  karena  pengelolaan  yang  digunakan  masih  sangat sederhana.  Apabila  ada  pihak  yang membutuhkan  sulit  untuk  mencari keterangan dimana data barang yang dibutuhkan tersebut. Oleh karena itu dibuatlah sistem inventarisasi barang berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan basis data MySQL. Dengan demikian dapat mencakup aspek pengaturan inventaris sehingga barang dapat terorganisir secara maksimal dan diolah lebih baik lagi mulai dari pencatatan barang serta memudahkan untuk membuat laporan barang

Full Text:

PDF [1-14]

References


Al Fatah, Hanif. (2018). Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.

Arhami, Muhammad. (2018). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.

Brantas. 2019. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Farizi, Anif. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kerusakan Komputer Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Semarang: Jurnal Teknik Elektro, Oktober 2014.

Gunawan, Imam. (2013). Perancangan Sistem Pakar Untuk Diagnosis Kerusakan Hardware Laptop. Padang: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan Vol.6 No.2, September 2013.

Kusumadewi,Sri (2003) Artificial Intellegence (Teknik dan Aplikasinya) Graha Ilmu Yogjakarta.

Mittal, R. K dan A. K. Jain. (2010). ACCOUNTANCY. New Delhi: Rahul Jain.

Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering A Practitioner’s Approach: Seventh Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Simarmata, Janner. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Tamin, Rosmawati. (2015). Sistem Pakar Untuk Diagnosa Kerusakan Pada Printer Menggunakan Metode Forward Chaining. Sulawesi Barat: Jurnal Ilmu Komputer Vol.1 No.1, 2015.

Utami, Ema dan Sukrisno. (2010). 10 Langkah Belajar Logika dan Algoritma Menggunakan Bahasa C dan C++ di GNU dan Linux. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v6i1.1539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactjurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.