PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, RISIKO PASAR, PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Energi Yang Terdaftar di BEI Periode 2013 - 2020)

Feby Aulia Zahara, Ludwina Harahap

Abstract


Corporate competition is not one of the things that are foreign to the business world. All companies are competing to improve their company's performance in order to increase competitiveness in attracting potential investors to invest in their companies. One of them is by maximizing the value of the company. This research focuses on several challenges facing companies in the current economic development to increase firm value, which the principle of going concern or business sustainability Corporate Social Responsibility (CSR), Market Risk, Profitability, Firm Age, and Firm Size. This research used Energy Companies (Listed on IDX 2013 – 2020) as the population. This research used purposive sampling method, quantitative data based on Financial Statement Report and Annual Report. The research data proceed using SmartPLS 3.0 application. The results of this research show that CSR has a negative effect on firm value, market risk has no significant effect on firm value, profitability has a significant effect on firm value, firm age has no significant effect on firm value, and firm size has a significant effect on firm value.

 


Full Text:

PDF

References


Arya, A. (2019). Pengaruh Assets Structure dan Capital Structure serta Market Risk Terhadap Company Value dengan Company Growth Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan BUMN Non Bank Di BEI. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.

Astuti, R. N. (2020). Does Audit Committee Quality Mediate Determinants of Intellectual Capital Disclosure. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business Vol.7 No.7.

Brian Conelly, T. C. (2011). Signaling Theory. Research Gate Journal of Management Vol.37 No.1.

Frandy Karundeng, G. H. (2017). Analisis Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen, dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012 - 2016). Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing "Goodwill" Vol.8 No.2.

Ginting. (2020). Pengaruh Risiko Bisnis, Risiko Finansial, dan Risiko Pasar Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank BUMN Periode Tahun 2011 - 2018. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi Vol.8 No.1.

Giovani Anggasta, R. S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dividen, dan Umur Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara Vol.2.

Haryadi, E. (2016). Pengaruh Size Perusahaan, keputusan Pendanaan, Profitabilitas, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi Vol.3 No.2.

Hasanah, M. D. (2019). Pengaruh Assets Structure dan Market Risk Terhadap Company Value Dengan Company Growth Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Multinasional di BEI. Repositori USU.

Hatta Saleh, S. T. (2015). The Influence of Assets Structure, Capital Structure and Market Risk on The Growth, Profitability and Corporate Values (Study In Manufacturing Companies Listed In Indonesia Stock Exchange). International Journal of Business and Management Invention Vol.4.

Helga Adeline Halim, Y. J. (2017). Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol. Business Accounting Vol.5 No.2.

I Made Karya Utama, A. R. (2013). Pengaruh Indikator GCG dan Profitabilitas Pada Pengungkapan CSR. E-Jurnal Akuntansi Vol.3 No.3.

Imam Ghozali, H. L. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Indonesia, P. P. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.7 Tahun 2012. https://peraturan.bpk.go.id.

Isabella Permata Dhani, A. G. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga Vol.2 No.1.

Kalvarina Sabatini, I. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan CSR Pada Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. JIAB Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis Vol.14 No.1.

M. Hamdani, Y. E. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan, Kebijakan Dividen, dan Umur Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan di Moderasi Ukuran Perusahaan. Jurnal Akuntansi & Ekonomika Vol.10 No.2.

Ngakan Made Dwi Purawan, M. G. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Lingkungan Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Vol.30 No.2.

Nita Ayu Widyasari, S. A. (2015). Pengaruh GCG dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdafatar di BEI Periode 2011 - 2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 26 No. 1.

Puspitaningtyas, Z. (2017). Efek Moderasi Kebijakan Dividen Dalam Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol.5 No.2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT Alfabet.

Suhartonoputri, I. A. (2017). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar Pada Indeks LQ45 Indonesia Periode 2013 - 2015). Universitas Islam Indonesia.

Wardani, R. P. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sukarela. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol.14 No.1.

Zahra Ramdhonah, I. S. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 - 2017). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Vol.7 No.1.




DOI: https://doi.org/10.31326/tabr.v3i1.1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats