STRATEGI PEMASARAN IKAN PINDANG TONGKOL DAN LAYANG DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS : UMKM LIMA PUTRA SEJAHTERA, JAKARTA SELATAN)

Nadya Nadya, Muhamad Karim, P. Setia Lenggono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran ikan pindang di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lima Putra Sejahtera yaitu salah satu UMKM yang mengolah dan memasarkan ikan pindang yang diminati masyarakat karena nilai jual olahannya terjangkau masyarakat. Namun, UMKM Lima Putra Sejahtera memiliki kendala terkait pemasaran antara lain: (i) promosi belum optimal karena masih bersifat konvensional, (ii) belum memiliki toko digital resmi, (iii) kurangnya kemampuan UMKM dalam mengumpulkan informasi pasar, dan (iv) adanya pandemi Covid-19 yang membuat pemasarannya semakin sulit. Tujuan penelitian ini adalah (i) menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran ikan pindang di UMKM Lima Putra Sejahtera, (ii) mengidentifikasi strategi pemasaran ikan pindang yang telah dijalankan oleh UMKM Lima Putra Sejahtera, dan (iii) memformulasikan strategi alternatif yang tepat dalam memasarkan produk UMKM Lima Putra Sejahtera secara maksimal. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa faktor internal yang paling berpengaruh ialah kualitas ikan pindang yang baik. Faktor eksternal yang berpengaruh yaitu nilai jual terjangkau semua lapisan masyarakat. Hasil analisis QSPM disimpulkan bahwa prioritas strategi alternatif yang dapat diterapkan terhadap UMKM Lima Putra Sejahtera adalah memperluas jaringan pemasaran ikan pindang.

 

Kata kunci : Strategi pemasaran, Ikan pindang, Alternatif strategi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31326/jbio.v4i2.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Bioindustri

Universitas Trilogi

Jl. TMP Kalibata No.1

Jakarta 12760

Copyright Notice: