ANALISIS STRATEGI BISNIS UKM MAJU JAYA DALAM MENGHADAPI NEW NORMAL DI KOTA TEGAL

Dinda Amalia Sakinah, Muhamad Karim, Maulidian Maulidian

Abstract


ABSTRAK

Usaha Kecil Menengah (UKM) Maju Jaya adalah UKM yang bergerak dalam pengolahan hasil perikanan, dengan tujuan pemasarannya adalah daerah Kota Tegal dan luar kota. Produk olahan ikan yang dijual terdiri dari: keong mas, lumpia ikan, bakso ikan, empuk-empuk, otak-otak, kaki naga, nugget ikan,  tekwan serta dimsum ikan. Perusahaan ini terus melakukan inovasi baik dalam proses produksi maupun produksinya. Sistem pemasaran yang masih tradisional menjadi kendala dalam peningkatan jumlah produksi mengingat kondisi pandemi saat ini mengakibatkan jumlah produksinya menurun hingga mencapai 50% - 70%. Penulis melakukan analisis strategi bisnis yang diterapkan di UKM Maju Jaya. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yakni  responden berperan sebagai exspert adjusment. Tujuan penelitian ini: 1). Mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman dalam pengembangan usaha UKM Maju Jaya. 2). Merumuskan strategi alternatif dan urutan strategi prioritas yang dapat diterapkan di UKM Maju Jaya agar usaha dapat berkembang. Hasil analisis matriks IFE 2.94 dan EFE diperoleh nilai sebesar 3.18. Nilai ini menghasilkan matriks IE pada posisi sel II yang mengandung arti bahwa sifat strategi adalah tumbuh dan membangun.  Hasil analisis IFE dan matriks EFE menghasikan enam alternatif strategi prioritas. Hasil analisis matriks QSPM menghasilkan strategi prioritas ialah meningkatkan promosi di berbagai situs media sosial dan pasar nasional agar penjualan serta jangkauan pemasaran produk UKM Maju Jaya mengalami peningkatan dan penyebarannya secara luas.

 

Kata kunci: EFE, IFE, IE, QSPM, Strategi Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Aliyah R, Gumilar I, Maulina I. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon di Kota Bandung). Jurnal Perikanan Kelautan. 2(1): 78-84.

Baskoro, M. L., & Maulidian. (2019). Pelatihan Instagram Marketing Untuk Tenant Inkubator Bisnis Trilogi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 19-26.

David FR . 2006. Manajemen Strategis. Dono S, penerjemah. Jakarta (ID) : Penerbit Salemba Empat. Terjemahan dari: Strategic Management. Edisi ke 10.

. 2009. Manajemen Strategis. Sunardi D, penerjemah. Wuriarti P, editor. Jakarta (ID): Penerbit Salemba Empat. Terjemahan dari: Strategic Management. Edisi ke-10.

Fajar WH. 2020. Mengenal Konsep New Normal. [Internet]. [diunduh 2020 November 2]. Tersedia pada: https://indonesia.go.id/ragam/komodita /ekonomi/mengenal-konsep new-normal.

Khansa P, Maulidian, Baskh R. 2020. Strategi Pemasaran Usaha Bunaty Dengan Model 7C Dan Penerapannya Pada Business Model Canvas. Jurnal Bioindustri, 3(1), 487-502.

Kristiana FD, Maulidian, Arman. 2021. Perencanaan Nama Merek (Brand Name) Manisan Mangga Indramayu Kering Berbasis Nilai Pelanggan (Studi Kasus: Produk Inovasi Balai Besar Pascapanen, Bogor, Jawa Barat). Jurnal Bioindustri, 3(2), 613-627.

Maulidian, Fauzi AR, Hamdilah SRN. 2020. Pemetaan Model Bisnis Susu Sapi Perah Di PPSP-SP, Pancoran, Jakarta Selatan. Jurnal Agroekoteknologi Dan Agribisnis, 3(2), 19-27. https://doi.org/10.51852/jaa.v3i2.381

Maulidian & Fitriani A. 2022. Pelatihan Digital Branding Untuk Pencapaian Economic Sustainability. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), 943-953.

Maulidian, Sumiasih, I. H., Puspitawati, M. D., & Seftiono, H. (2022). Pelatihan Pola Pikir Wirausaha Terhadap Perubahan Pada Tenant Fakultas Bioindustri, Universitas Trilogi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(2), 151-158.

Rahmawati M. 2018. Analisis Strategi Pengambangan UKM Amplang Bulan Azzahra TRK di Kota Tarakan. Jurnal Ekonomi. IX(2): 51-67.

Tiara. 2020. Tiga Daerah di Pulau Jawa yang Menjadi Penghasil Ikan Terbesar. [Internet]. [diunduh 2021 Mei 27]. Tersedia pada: https://koranlinear.com/tiga-daerah-di-pulau jawa-yang-menjadi penghasil-ikan-terbesar/

Zulkarnaen HO.2013. Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian Ukm Snack Barokah Di Solo) [skripsi]. Semarang (ID): Universitas Dipenegoro.




DOI: https://doi.org/10.31326/jbio.v4i2.1081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Bioindustri

Universitas Trilogi

Jl. TMP Kalibata No.1

Jakarta 12760

Copyright Notice: