EFEKTIVITAS BIOPESTISIDA BERBAHAN AKTIF Trichoderma harzianum PADA BERBAGAI FORMULASI DAN LAMA PENYIMPANAN DALAM MENGENDALIKAN PENYAKIT DAMPING-OFF TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merill)

Rica Ahswara Maysixteen, Nanang Tri Haryadi

Abstract


Rhizoctonia solani merupakan patogen tular tanah yang terdapat pada tanaman kedelai. Serangan tersebut dapat menyebabkan tanaman rebah kecambah pada tanaman kedelai. Fase penyerangan Rhizoctonia solani terjadi pada fase pembibitan pada tanaman kedelai. Salah satu teknik pengendalian dalam menekan serangan cendawan tersebut dapat dilakukan dengan tindakan preventif dengan menggunakan biopestisida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui viabilitas spora, kerapatan spora, masa inkubasi, insidensi penyakit, keparahan penyakit dan efektivitas pengendalian setelah dilakukan pengaplikasian biopestisida berbahan aktif Trichoderma harzianum dengan lama penyimpanan yang berbeda. Penelitian dilaksanakan di Green House HPT Fakultas Pertanian, Universitas Jember. Rancangan percobaan menggunakan rancangan faktorial dan diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukan pengaruh pemberian dari bahan formulasi dengan tepung ikan terhadap kemampuan daya kecambah Trichoderma harzianum, masa inkubasi, insidensi penyakit, serangan penyakit dan efektivitas pengendalian pada lama penyimpanan 30 hari mampu menekan serangan cendawan Rhizoctonia solani. Hasil uji analisis pada sangat berbeda nyata jika dibandingkan dengan perlakuan kontrol.


Keywords


formulation ingradients, Rhizoctonia solani, soybean, storage period, Trichoderma harzianum

Full Text:

PDF

References


Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya. 2014.

Metode Perhitungan Jumlah Spora Cendawan. Intruksi Kerja. Edisi 6

Februari 2014. Surabaya: Balai Besar Perbenihan Dan Proteksi Tanaman

Perkebunan.

Cahyaningrum, H., N. Prihatiningsih dan Soedarmono. 2017. Intensitas dan Luas Serangan Beberapa Isolat Fusarium oxyporum. f.sp. zingiberi Pada Jahe Gajah. Perlindungan Tanaman Indonesia, 21(1): 16-22.

Elfina, Y. S. M. Ali dan Delfina. 2015. Penggunaan Biofungisida Pelet Trichoderma harzianum pada Pembibitan Awal Kelapa Sawit. Agrotek Trop, 4(1): 30-37.

Elfina, Y., M. Ali, D. Sabatiny. 2017. Uji Konsentrasi Biofungisida Tepung Trichoderma harzianum Rifai terhadap Jamur Phytoptora palmivora Butl. Penyebab Penyakit Busuk Buah Kakao Pasca Panen. Sagu, 16(1): 1-12.

Khaeruni, A., Asniah., M. Taufik Dan G. A. K. Sutariati. 2014. Aplikasi Formula Campuran Rizobakteri untuk Pengendalian Penyakit Busuk Akar Rhizoctonia dan Peningkatan Hasil Kedelai di Tanah Ultisol. Fitopatologi, 2339-2479.

Maftuhah, A. N., A. Susanti, dan R. Febrianti. 2019. Uji efektivitas sifat antagonisme lima isolat lokal Trichoderma spp. terhadap Fusarium sp. Agrosaintifika, 1(1): 1-5.

Nurlela, L. H., M. A. Ulim. 2016. Efektivitas Beberapa Agen Antagonis dan Cara Aplikasinya untuk Menekan Pertumbuhan Sclerotium rolfsii pada Tanaman Kedelai (Glycine max L. Merril). Ilmiah Pertania, 1(1):155-167.

Sopialena, 2017. Segitiga Penyakit Tanaman. Samarinda: Mulawarman Univercity Press

Sumartini, 2011. Penyakit Tular Tanah (Sclerotium Rolfsii Dan Rhizoctonia Solani) Pada Tanaman Kacangkacangan Dan Umbi-Umbian Serta Cara Pengendaliannya. Litbang Pertanian, 31(1): 21-34




DOI: https://doi.org/10.31326/jbio.v5i1.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Bioindustri

Universitas Trilogi

Jl. TMP Kalibata No.1

Jakarta 12760

Copyright Notice: