PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PETERNAKAN SUSU SAPI PERAH MELALUI PERSPEKTIF BLUE OCEAN (Studi Kasus: Peternakan Sapi Perah Cibugary di Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur)

Sri Ratu Nurul Hamdilah, Maulidian Maulidian, Rukavina Baskh

Abstract


Peternakan sapi perah Cibugary adalah peternakan yang aktif memproduksi susu dan memiliki konsep agrowisata.. Peternakan Cibugary adalah pemain lama di tengah banyaknya pemain dalam industri susu dan saat ini terjebak dalam persaingan ketat (red ocean). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi model bisnis awal, kondisi lingkungan internal dan eksternal serta merancang model bisnis yang tepat pada peternakan sapi perah Cibugary. Metode analisis yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC), analisis IFAS dan EFAS, SWOT dan Blue Ocean Strategy. Penelitian ini menghasilkan beberapa alternatif strategi bisnis melalui matriks SWOT yang dikombinasikan dengan perspektif blue ocean yaitu hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan. Untuk menjauhi persaingan dan menciptakan samudra biru, peternakan Cibugary harus berusaha melakukan diferensiasi dari kompetitor yang sudah ada. Pada elemen produk Cibugary yaitu menciptakan diversifikasi produk susu kurma dan kartu member. Sedangkan pada elemen agrowisata Cibugary yaitu menciptakan sensasi petualangan dan memiliki saung kreasi Cibugary.

Kata kunci: Analisis SWOT, Business Model Canvas, Persaingan, Peternakan Sapi Perah Cibugary, Strategi Blue Ocean


Keywords


Blue Ocean strategy, business model canvas, Cibugary dairy farm, competition, SWOT analysis

Full Text:

PDF

References


Andriani, MM. 2012. Strategi Pengembangan Usaha Restoran Gurih 7 di Kota Bogor dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2017. Statistik Perusahaan Peternakan Sapi Perah. [Internet]. [Diunduh pada 2019 Juli 11]. Tersedia pada: http://www.bps.co.id

David, F R. 2010. Strategic Management-Manajemen Strategis Konsep Edisi Ke Dua Belas. Jakarta (ID) : Salemba Empat

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (DJPKH). 2018. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. [Internet]. [Diunduh pada 2019 Oktober 7]. Tersedia pada : http://ditjenpkh.pertanian.go.id

Kim WC, Mauborgne R. 2015. Blue Ocean Strategy. Jakarta (ID): Penerbit Noura

Kuncoro, M. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 3. Jakarta (ID): Erlangga

Lukman NRNM, Syarief Rizal, dan Suparno Ono. 2018. Strategi pengembangan model bisnis klaster industri produk olahan susu Cipageran. Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. 13 (1): 76-86. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.75-86.

Osterwalder A, Pigneur Y. 2012. Business Model Generation. Sihandrini, Natalia R, penerjemah. Jakarta (ID): PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Terjemahan dari: Business Model Generation.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung (ID): Alfabeta

Yudiaris, IG. 2015. Analisis lingkungan internal dan eksternal dalam menghadapi persaingan bisnis pada CV. Puri Lautan Mutiara. Jurnal Neliti. 5(1):5-6.




DOI: https://doi.org/10.31326/jbio.v4i1.706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Bioindustri

Universitas Trilogi

Jl. TMP Kalibata No.1

Jakarta 12760

Copyright Notice: