STRATEGI PEMASARAN DOMBA GARUT (OVIES ARIES) DI SBA FARM KABUPATEN GARUT

Arbi Robiansyah, Muh. Karim, . Arman

Abstract


SBA Farm merupakan perusahaan yang begerak di bidang agribisnis peternakan khususnya dalam bidang penggemukan domba Garut. Salah satu kegiatannya adalah melakukan pemasaran dengan menawarkan produk domba hidup dan siap potong. Perusahaan menghadapi permasalahan seperti adanya perusahaan sejenis yang juga sudah lama beroperasi, sehingga terjadi persaingan. Kemudian kurangnya mempromosikan produk domba sehingga menyebabkan distribusinya terbatas. Tujuan penelitian ini: (i) mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal pada kegiatan perusahaan SBA Farm dan, (ii) merencanakan alternatif strategi pemasaran yang bersifat prioritas. Kesimpulan penelitian ini: (i) hasil analisis IFE diperoleh bahwa sumber kekuataan yang berpengaruh terhadap perusahaan yaitu pelanggan tetap untuk pasar qurban sedangkan sumber kelemahannya yaitu siklus produksi yang berlangsung enam bulan sekali.  Sementara hasil analisis EFE peroleh bahwa sumber peluang perusahaan yaitu adanya kewajiban mayoritas umat Islam untuk qurban, aqiqah dan hajatan sedangkan ancamannya adalah adanya pesaing yang memiliki usaha sejenis dengan kapasitas yang lebih besar. (ii) Hasil total skor matriks IFE dan EFE menempatkan perusahaan dalam sel II dengan skor masing masing 2.486 dan 3.051. Hasil ini mengandung arti bahwa perusahaan sedang tumbuh dan membangun usahanya. Hasil analisis QSPM diperoleh strategi pemasaran prioritas yaitu menambah tenaga kerja dari lulusan perguruan tinggi peternakan yang berpengalaman, berkompeten dalam penggemukan domba Garut dan dokter hewan sebagai tenaga kesehatan hewan yang memiliki total nilai daya tarik (TAS) sebesar 6.348.

Kata kunci: Analisis EFE, Analisis IFE, Analisis SWOT, Analisis QSPM, Domba Garut


Full Text:

PDF

References


Anugrah A. 2017. Strategi Pemasaran Domba pada Peternakan Barkoh Farm, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor [skripsi]. Bogor (ID): Insitut Pertanian Bogor.

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut. 2018. Kontibusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Kabupaten Garut (ID). Badan Pusat Statistik.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan III-2019. Jakarta (ID). Badan Pusat Statistik.

David FR. 2009. Manajemen Strategis. Jakarta (ID): Penerbit Salemba Empat. Edisi ke-12

[DISNAKAN]Dinas Perikanan dan Perikanan Kabupaten Garut. 2017. Jumlah Populasi Ternak Besar Menurut Jenis di Garut. [Internet]. [diunduh pada tanggal 20 Oktober 2019] Tersedia pada: https://garutkab.bps.go.id/statictable/2018/04/16/348/jumlah-populasi-ternak-besar-menurut-jenis-di-garut-tahun-2017.html

[DITJEN PKH] Direktorat Jenderal Peternakan, dan Kesehatan Hewan. 2017. Produk Domestik Bruto atas dasar tahun harga konstan 2010. [Internet]. [diunduh pada tanggal 21 Oktober 2019] Tersedia pada: http://ditjenpkh.pertanian.go.id

[DITJEN PKH] Direktorat Jenderal Peternakan, dan Kesehatan Hewan. 2018. Produksi Daging Domba Menurut Provinsi. [Internet]. [diunduh pada tanggal 21 Oktober 2019] Tersedia pada: http://ditjenpkh.pertanian.go.id

[DITJEN PKH] Direktorat Jenderal Peternakan, dan Kesehatan Hewan. 2018. Populasi dan Konsumsi Daging Domba dan Kambing Perkapita. [Internet]. [diunduh pada tanggal 22 Desember 2019] Tersedia pada: http://ditjenpkh.pertanian.go.id

Fitrial. 2009. Analisis Tingkat Kelayakan Finansial Penggemukan Kambing dan Domba pada Mitra Tani Farm, di Kecamtan Ciampea, Kabupaten Bogor [skripsi] Bogor (ID): Insitut Pertanian Bogor.

Saputro AS, Hidayat K, Yulianto E. 2016. Perenanaan Strategi Pemasaran Paket Data Kampus Dalam Persaingan Di Bidang Paket Data Internet (Studi Kasus Pada PT. Telkomsel Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 36(1): 165 & 128.




DOI: https://doi.org/10.31326/jbio.v3i1.747

DOI (PDF): https://doi.org/10.31326/jbio.v3i1.747.g434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Bioindustri

Universitas Trilogi

Jl. TMP Kalibata No.1

Jakarta 12760

Copyright Notice: