PERSEPSI IBU-IBU PENGURUS POSDAYA TERHADAP KEAMANAN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH

Yoni Atma

Abstract


PERSEPSI IBU-IBU PENGURUS POSDAYA TERHADAP KEAMANAN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran persepsi ibu-ibu posdaya terhadap keamanan pangan jajanan anak sekolah (PJAS). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Sampel penelitian ibu- ibu Posdaya Mawar Setu Kelurahan Setu Kecamatan Cipayung Jakarta. Data yang diperoleh dianalisis deskriptif dan statistik. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap pertanyaan-pertanyaan tertutup. Data yang valid dan reliabel dianalisis dengan tabulasi silang untuk mendapatkan nilai Chi-square. Jika terdapat hubungan antara parameter, dilanjutkan dengan analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa >80% pertanyaan valid. Nilai reliabilitas dari pertanyaan tertutup 0,730. Sebagian besar ibu-ibu posdaya memiliki rentang usia 36-45 tahun (50%), pendidikan terakhir SLTA (55%), pengeluaran 1 juta-2,5 juta (90%) dan merupakan ibu rumah tangga dengan pekerjaan sambilan (80%). Jumlah ibu-ibu posdaya yang mengetahui pengaruh bahan kimia 85% dan 80% mengetahui pengaruh pangan yang tidak higienis, tetapi masih pengetahuan yang sifatnya umum. Sebanyak 70% ibu-ibu posdaya memonitor makanan jajanan anak sekolah dan 85% berasumsi bahwa membawa bekal lebih baik dari pada pangan jajanan. Pengetahuan, kepedulian dan persepsi ibu-ibu posdaya Mawar Setu terhadap pangan jajanan anak sekolah dikategorikan cukup. Nilai Chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara parameter pengeluaran dan pekerjaan dengan persepsi ibu-ibu posdaya terhadap pangan jajanan. Nilai R square hubungan profil pengeluaran dan pekerjaan terhadap persepsi berkisar antara 0,024-0,277.

Kata Kunci: persepsi, pangan jajanan anak sekolah, posdaya, keamanan pangan, analisis deskriptif.

PERCEPTION OF POSDAYA MEMBERS TOWARD SREETFOOD SAFETY OF SCHOOLCHILDREN

Abstract

In this research determined perception of mother‘s as member of the posdaya toward street food safety of schoolchildren. Data was collected by questionnaire. Sample is mother‘s as member of Posdaya Mawar Setu, Setu villages, Cipayung sub-district, Jakarta. Data were analyzed descriptively and statistically. Validation and reliable analysis was done on closed questions. Valid and reliable data were analyzed with cross tabulation to obtain Chi-square value, and than last analysis is regretion. Result shown that valid question around >80% and reliable value 0,730. Most respondent are 36-45 years old (50%), senior high school educated (55%), spending money Rp 1,000,000-Rp 2,500,00 million per month (90%) and there are house wife with part time job (80%).

About 85% mother‘s as member of posdaya know effect of chemicals in food and 85% know about effect of unhygienic food. Unfortunatelly, their knowledge still general. About 70% responden supervise street food of

schoolchildren and 85% assume that take lunch to school more efficient compared street food. Knowledge, awareness and perceptions toward street food categorized medium level. Chi-square value indicate that have

correlation between parameters of spending money per month and job with perception of mother as member of posdaya toward street food. R square value 0,024-0,277.

Keywords: perception, street food schoolchildren, posdaya, food safety, descriptive analysis.


Full Text:

PDF

References


Badan POM RI. 2008. Pengujian Mikrobiologi Pangan. InfoPOM 9 (2) : 1-11.

Badan POM RI. 2009. Food watch: Sistem Keamanan Pangan Terpadu, Pangan Jajanan Anak Sekolah. Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia: Jakarta.

Dahlan R. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi nazhir terhadap wakaf uang. Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah 6 (2) : 305-315.

Damanik HDL. 2010. Faktor Dominan Kontaminasi Eschericia Coli Pada Makanan Jajanan Di Warung Lingkungan Sekolah Dasar Kota Palembang Tahun 2010 [tesis]. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia: Depok.

Fitri RN. 2007. Persepsi orang tua dan guru terhadap keamanan makanan jajanan anak sekolah dasar di kota Bogor [skripsi]. Fakultas Teknologi Pertanian. IPB, Bogor.

Fitriani NL, Andriyani, S. 2015. Hubungan antara pengetahuan dan sikap anak usia sekolah akhir (10-12 tahun) tentang makanan jajanan di SD Negeri II Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat tahun 2015. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 1 (1): 7-26.

Haryati HS. 2012. Sumbangan makanan jajanan anak sekolah dasar terhadap asupan energi dan protein di SDN Lamper Kidul 02 Semarang. Jurnal Pengembangan Rekayasa Teknologi, 14(2): 132-40.

Kristianto Y, Riyadi, BD, Mustafa, A. 2013. Faktor determinasi pemilihan makanan jajanan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 7 (11): 489-494.

Marda N, Sirajuddin S, Najamuddin, U. 2014. Analisis mutu mikrobiologis pada pangan

jajanan anak di SD kompleks Lariangbangi Makassar. Artikel Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanudin: Makasar.

Mulyadinata A. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) kantor cabang bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya 1 (1): 27-37.

Nasution A. 2010. Analisa Kandungan Boraks Pada Lontong Di Kelurahan Padang Bulan Kota Medan Tahun. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Rakhmawati A., Naryoso A., Widagdo MB., Gono JN. 2016. Efek terpaan iklan CRM (Customer Relationship Management) di sosial media, branding Mazaya sebagai make up halal terhadap tingkat kepercayaan konsumen. Undip E-Journal: 1-13.

Rosyida AK, Nugroho A. 2014. Implementasi peraturan menteri kesehatan No. 33 tahun 2012 tentang bahan tambahan pangan terhadap pangan dalam kemasan di pasar tradisional Mojokerto. Jurnal Novum 3 (5): 1-15.

Santoso BN. 2012. Instrument Development for Talent Scouting Fencing Athlete Achievement Towards 2022. Jurnal Ilmiah Spirit 12 (3): 33-47.

Santoso DT, Purwanti E. 2013. Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler Indosat-IM3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Jurnal Ilmiah Among Makarti 6 (12): 112- 129.

Setiabudi MU, Parera WB, Far Far RA. 2013. Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Segar Studi Kasus Hypermart-Ambon City Center Kota Ambon. Jurnal Agrilan 1 (4): 25-40.

Sianturi RE. 2013. Kualitas Hidup Wanita Usia Produktif di Desa Sihonongan Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbanghasundutan [skripsi]. Fakultas Keperawatan. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Srigede L, Gunarti. 2015. Studi Identifikasi Bakteri (Salmonella sp.) pada Jajanan Cilok yang Dijual Di Lingkungan SD Kelurahan Kekalik Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Media Bina Ilmiah 9 (7): 28-32.

Sundaraj P. 2015. Gambaran karakteristik ibu dan anak terhadap kejadian gizi kurang pada anak balita di desa Sukawati Gianyar tahun 2014. Intisari Sains Medis 4 (1): 102-112.

Suwito A. 2007. Pengaruh sikap terhadap merek dan iklan pada minat beli konsumen [skripsi]. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Suyono H. dan Haryanto. 2013, Buku Pedoman Pembentukan dan Pembangunan Pos Pemberdayaan Keluarga POSDAYA. Jakarta: Balai Pustaka.

Telussa MA, Persulessy ER, Leleury ZA. 2013. Penerapan analisis korelasi parsial untuk menentukan hubungan pelaksanaan fungsi manajemen kepegawaian dengan efektivitas kerja pegawai. Jurnal Barekeng 7 (1): 15-18.

Yodfiatfinda, Maulidian, Atma, Y. 2015. Posdaya (Family Empowerment): a concept of family entrepreneurship to boost rural area development in the west java province-indonesia. Proceeding Conference on Agri-Enterprenuer, UPM. Malaysia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trilogi

Jurnal Kesejahteraan Sosial licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.