PENGEMBANGAN STRATEGI BERORIENTASI PASAR DAN PENINGKATAN DAYA SAING UKM DALAM MENGHADAPI AEC DI KOTA TANGERANG SELATAN

Rahadyan Tajuddien, Arief Budi Santoso

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang cukup besar dalam  pembangunan ekonomi nasional, hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mencatat kontribusi sektor UKM meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen. Tak hanya itu, sektor UKM juga telah membantu penyerapan tenaga kerja di dalam negeri. Serapan tenaga kerja pada sektor UKM tumbuh dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen dalam periode lima tahun terakhir. (CNN Indonesia, 2016) Namun ditengah berjalannya ASEAN Economic Community (AEC) mayoritas UKM di kota  Tangerang Selatan berada pada kondisi yang tidak ideal, dimana UKM sebagian besar tidak mengalami perkembangan yang signifikan atau tidak jauh berbeda kondisinya ketika awal didirikan bahkan tidak sedikit yang gulung tikar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan mengambil kasus pada UKM-UKM di Kota Tangerang Selatan. Metode survey adalah pengamatan atau penyelidikan yang kritis untuk mendapatkan keterangan yang baik terhadap suatu persoalan tertentu di dalam daerah atau lokasi tertentu, atau suatu studi ekstensif yang dipolakan untuk memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan (Moehar Daniel, 2002). Sampel dipilih secara acak (simple random sampling) terhadap beberapa UKM di di Kota Tangerang Selatan. Data diolah dan dianalisis dalam bentuk matriks strategi kekuatan dan kelemahan (SWOT) berdasarkan data secara riil yang dimiliki oleh para pemilik UKM di Kota Tangerang Selatan. Dengan analisis SWOT yang terlah dilakukan pada UKM di daerah Tangerang Selatan, maka beberapa strategi dapat dilakukan untuk memperluas optimalisasi kepada pasar serta mempersiapkan daya saing utnuk menghadapi AEC. Terkait dengan kendala yang dihadapi UKM masih seputar permodalan dan aksesnya, selain itu adalah transisi pemasaran dari yang sifatnya konvensional menuju online Strategi pengembangan terhadap pasar perlu menyesuaikan dengan kondisi pasar saat ini di era digital, untuk itu melalui program pemerintah diharapkan digitalisasi untuk UKM dapat terlaksana sesuai rencana strategis Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan. Disamping hal tersebut, diversifikasi produk masih menjadi indikator berkembangnya produk-produk kreatif dari berbagai kategori UKM di Tangerang.

Kata Kunci : Usaha Kecil Dan Menengah (UKM), Strategi Berorientasi Pasar, Peningkatan Daya Saing, ASEAN Economic Community (AEC),

Small and Medium Enterprises (UKM) have a significant role in national economic development, this can be seen from its contribution to Indonesia's Gross Domestic Product (GDP) which continues to increase every year. The Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises (UKM) noted that the contribution of the SME sector increased from 57.84 percent to 60.34 percent. Not only that, the SME sector has also helped absorb employment in the country. Absorption of labor in the SME sector grew from 96.99 percent to 97.22 percent in the last five years. (CNN Indonesia, 2016) But in the midst of the ASEAN Economic Community (AEC) the majority of SMEs in the city of South Tangerang are in an ideal condition, where most SMEs do not experience significant development or are not much different in conditions when the beginning was established and not even a few mat. The method used in this study is the survey method, by taking the case of SMEs in South Tangerang City. Survey methods are critical observations or investigations to get good information on a particular problem in a particular area or location, or an extensive study that is modeled to obtain the information needed (Moehar Daniel, 2002). Samples were selected randomly (simple random sampling) for several SMEs in South Tangerang City. Data is processed and analyzed in the form of a strategy of strengths and weaknesses (SWOT) matrix based on real data held by SME owners in South Tangerang City. With the SWOT analysis that was carried out on SMEs in the South Tangerang area, several strategies could be carried out to expand optimization to the market and prepare competitiveness to deal with the AEC. Related to the constraints faced by SMEs still around capital and its access, besides that is the marketing transition from the conventional nature to online. The development strategy for the market needs to adjust to the current market conditions in the digital era. Therefore, through government programs digitalization for SMEs is expected strategic plan of the South Tangerang Cooperative and SME Office. Besides this, product diversification is still an indicator of the development of creative products from various categories of SMEs in Tangerang.

Keywords: Small and Medium Enterprises (SMEs), Market Oriented Strategies, Increasing Competitiveness, ASEAN Economic Community (AEC),



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Aaker, David. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.

Ali Hasan. 2009. Marketing. Jakarta : Media Presindo.

Bagas Prakosa. 2005. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk mencapai keunggulan bersaing. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vo1.2, No. 1

CNN Indonesia, 2016, “Kontribusi UMKM Terhadap PDB Tembus Lebih Dari 60 Persen”, Berita Bisnis. Diakses dari http://www.cnnindonesia.com pada tanggal 12 mei 2017.

David,Fred R.,2005. Manajemen Strategis Konsep, Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Deperindag. 2000. Usaha Kecil Menengah (SNI 01-3751-2000). Jakarta : Departemen Perindustrian RI.

Djumara, Noorsyamasa. 2007. Modul Prinsip-prinsip Manajemen Aset/Barang Milik Daerah. Departemen Dalam Negeri dan Lembaga Administrasi Negara. Jakarta.

Gerson, Richard 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PPM

J. Keegan, et al. 1995, Manajemen Pemasaran Global. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid I.

J. Suprapto, 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta:PT Rineka Cipta

Johnson, David W., & Frank P. Johnson. 2009. Marketing Oriented: Group theory. 10th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kotler,Philip.2001. Manajemen Pemasaran Analisa Perencanaan Implementasi dan pengendalian, Edisi keenam, Jilid II, Erlangga, Jakarta.

Laswati. 2009. Analisis Tingkat Keuntungan dan Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kecil

Mardalis. 2008. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung

Muhardi,. 2007. Strategi Operasi Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta:Garaha Pustaka.

Narver,J.C & Slater,S.F (1994), Creating market orientation, journal of market orientation- focused management,vol2,No 3

Pearce, et.al.1997. manajemen Strategi Formulasi, Implementasi dan pengendalian Jilid I. Binarupa Akasaran Jakarta

Pumomo Hari P. 1999. Manajemen Strategi Sebuah Konsep Pengantar. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta

Porter, Michael E. Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press, 1995

PT.Prenhallindo, Jakarta. 2002, Manajemen Pemasaran PT. Prenhallindo, Jakarta.

PT. Prenhallindo. Jakarta 1997, Dasar-Dasar Pemasaran Principles of marketing 7ed, Edisi Bahasa Indonesia. Jilid I.

Rangkuti Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saladin, Djaslim.1999. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Linda karya, Bandung

Sumarwan, Ujang, dkk. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor. PT. Penerbit IPB Press.

Sutrisno, Hadi. 2000. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.

Sugiarto (2003), Teknik Sampling, Gramedia, Jakarta

Umar Husein. (2002). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Zhou et a1 2005. Exploring various knowledge in relation extraction. In ACLHansen et a1,2006 dalam Johnson et al 2009:87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trilogi

Jurnal Kesejahteraan Sosial licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.