PEMBERDAYAAN TPQ MELALUI KEGIATAN BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR DI TPQ MIFTAHU HUDA DESA BANJARSARI

Imroatul Fadlillah, Iwan Marwan

Abstract


Pendidikan merupakan sebuah aktivitas penting yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Pendidikan bukan hanya aktifitas yang diselenggarakan disekolah, lebih dari itu pendidikan merupakan sebuah aktivitas yang juga di laksanakan di luar sekolah seperti pendidikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Dalam pelaksanaan pendidikan seringkali di hadapkan dengan masalah yang dapat menyebabkan sulit tercapainya tujuan pendidikan. Salah satunya yaitu motivasi dalam pendidikan, penerapan metode pembelajaran yang kurang dapat mendorong motivasi siswa akan membuat pembelajaran menjadi tidak efektif dan tujuan pendidikan tidak tercapai sepenuhnya. Dengan pemberian metode pembelajaran BCM (Bermain, Ceita, Menyani) yang sesuai dengan karakteristik peserta didik masih anak-anak dan dukungan dari pendidik akan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman tentang cara meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode BCM (Bermain,Cerita, Menyanyi) di TPQ. Metode yang digunakan yaitu metode PAR (Participatory Action Research) dengan terjun dan terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan di TPQ. Setelah dilaksanakanya kegiatan BCM (Bermain,Cerita,Menyanyi) diperoleh perubahan motivasi siswa yang meningkat dalam belajar dan menghafal di TPQ Miftahul Huda

Keywords


Pendidikan TPQ, Metode Pembelajaran, Meningkatkan Motivasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i2.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.