PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KAIN FLANEL BAGI GURU PAUD AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 KENDARI

Usman Usman Usman, Nurlina Nurlina, Nurul Idhayani, Roni Amaludin, Risnajayanti Risnajayanti, Zulaeni Esita, Sitti Salma

Abstract


Media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar peser ta didik dalam pembelajaran yang diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai peserta didik. Penggunaan media dalam pembelajaran terhadap proses dan hasil belajar pada peserta didik menunjukkan perbedaan antara pembelajaran tanpa media dengan pembelajaran menggunakan media, oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk mempertinggi kualitas pembelajaran. Lingkungan belajar yang diatur oleh guru mencakup tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metodologi pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Secara khusus terkait dengan metodologi pembelajaran, aspek ini terkait dengan dua hal yang saling menonjol yaitu metode dan media pembelajaran. Media memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Guru PAUD sebagai tenaga pendidik profesional yang berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran dituntut kreatvitasnya untuk menggali potensi sumber dan media pembelajaran yang ada dilingkungannya agar dapat membelajarkan anak didiknya secara berkualitas. Agar dapat jadi fasilitator yang baik guru PAUD diharapkan dapat membekali diri dengan wawasan dan keterampilan pembuatan media pembelajaran sehingga guru dapat menjalankan perannya dengan baik. Kenyataan bahwa guru PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Kendari pada umumnya mengalami kesulitan dalam meningkatkan kualitas dan efektifitas pembelajaran di PAUD masing-masing. Keadaan ini disebabkan kurangnya sarana dan prasarana yang dapat menunjang keaktifan dan motifasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Itulah sebabkan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran akan dilakukan. Hal ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru-guru dalam membuat media pempelajaran.

Keywords


Metode Pelatihan dan Pendampingan, Pembuatan Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan

Pengembangan Sumber Belajar

untuk Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran

Kreatif. Jakarta Timur: Luxima

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan. 2011. Model

Penyelenggaraan PAUD Terpadu

dengan Perpustakaan Mainan.

Medan: Balai Pengembangan

Pendidikan Nonformal dan

Informal Regional I.

Sudono, Anggani. 2011. Alat Permainan

dan Sumber Belajar TK. Jakarta:

Dirjen PPTA Depdikbud.

Wiyani, Novan Ardi. 2012. Format

Pendidikan Anak Usia Dini.

Yokyakarta: Ar-Ruzzmedia




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v5i1.1219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.