PELAKSANAAN STUDY CLUB DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR DI SD NEGERI 1 BIAUNG KABUPATEN TABANAN

Putu Angelina Puteri Wijaya, Kadek Julia Mahadewi

Abstract


Bimbingan Belajar adalah hal yang penting dalam perkembangan hasil belajar siswa, karena tidak hanya pelajaran yang di dapat disekolah dapat menunjang hasil belajar yang baik namun bimbingan belajar memiliki dampak yang cukup berpengaruh dalam menunjang hasil belajar siswa. Biasanya Bimbingan Belajar mencakup seluruh pelajaran siswa yang didapat disekolah, berbeda dengan pendidikan dan pelajaran formal disekolah, Bimbingan belajar merupakan pendidikan non formal yang dapat dijalankan dengan lebih menyenangkan dan santai. Sehingga penerapan Bimbingan belajar untuk siswa dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran agar menjadi siswa yang lebih aktif, kreatif dan dapat menerima pelajaran sekolah dengan lebih baik. Dengan melihat bagaimana menerapkan Bahasa Inggris didalam masyarakat desa yang terbiasa menggunakan bahasa daerah? dan bagaimana antusiasme siswa siswi SDN 1 Biaung pada saat kegiatan Study Club?. Kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru, manfaat dan pemahaman lebih dalam kepada siswa siswi SDN 1 Biaung yang mereka sudah dapatkan di sekolah dan mereka mendapatkan pembelajaran tambahan yang dimana materi yang disampaikan peneliti mendapatkan hasil anak anak siswa siswi yang mengikuti kegiatan Study Club mampu memperkenalkan diri, memahami kosa kata, menjawab soal dengan baik. Dimana masyarakat di Desa Biaung terbiasa dengan bahasa daerah sehingga lupa mendalami Bahasa Internasional dan siswa siswi SDN 1 Biaung memiliki antusiasme yang tingg pada kegiatan ini dan kegiatan ini bertujuan untuk menekan kembali minat bahasa inggris terutama pada siswa siswi sekolah di Desa Biaung dan dilaksanakan pada Hari Rabu, 25 Januari di Pondok Mahasiswa KKN. Dengan menarik kesimpulan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan dengan lancar dan dilaksanakan dengan baik dengan melibatkan kurang lebih 20 siswa siswi SDN 1 Biaung dengan rentang tingkat kelas 4-6 dengan 4 mahasiswa KKN sebagai pengajar dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini ada munculnya rasa keingintahuan yang tinggi dan minat belajar bahasa inggris yang tinggi yang ditanamkan pada siswa siswi SDN 1 Biaung.


Keywords


Bimbingan Belajar, Peningkatan minat belajar, Kursus Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Adelina Anum, N. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Siswa Melalui Bimbel Bahasa Inggris Gratis Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS) , 62.

Erlita, B. T. (2014). Bagaimana Memotivasinya dalam Belajar. Jurnal Kependidikan, 1-8.

Fani Anggrani, T. J. (2021). Kids Study Club: Mempelajari Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Strategi Fun Learning di Desa Sindang SariLk 1 pasa Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Griya Cendikia, 86.

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal ABDIMAS BSI, 261.

Rosaria, D. (017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31handil Bhakti Jurnal Al-Ikhlas, 14.

Saleh, N. d. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. K Media.

Syardiansah. (2017). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa . JIM UPB, 57.

Yuliana, D. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v6i1.1633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.