PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI MATH CITY MAP PADA FORUM MGMP WILAYAH II POLMAN

Ana Muliana, Sitti Inaya Masrura, Adinang Adinang, Ishak Ishak

Abstract


Perkembangan teknologi membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan. Guru sebagai pelaku utama pendidikan harus mampu melakukan inovasi dan menerapkan kemajuan teknologi agar pembelajaran menyenangkan dan tidak menjenuhkan. Proses pembelajaran dalam pembelajaran Abad 21 memerlukan kemampuan guru dalam bidang teknologi, terutama dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang mudah dan menarik.  PKM ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran matematika dengan memberikan pendampingan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran kepada guru aplikasi Math City Map. Hal ini dilandasi karena kurangnya pemahaman guru matematika terkait penggunaan media pembelajaran interaktif dan menyenangkan. Sehingga, pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi Math City Map pada Forum MGMP Wilayah II Polewali Mandar merupakan alternatif solusi yang ditawarkan. Hasil pelatihan dan pendampingan ditemukan antusiasme guru dan respon guru sangat baik, hal ini ditunjukkan keaktifan guru dalam bertanya dan guru dapat mendesain media pembelajran sesuai dengan kreasi guru masing-masing yang lengkap dan kreatif

Keywords


Math City Map,Media Pembelajaran,Guru

Full Text:

PDF

References


Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, Volume 3 No 2: 78-90

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Deni Hardianto. (2005). ”Media Pendidikan Sebagai Sarana Pembelajaran Yang. Efektif”.Majalah Ilmiah Pembelajaran 1, Volume 1

Diahratri, K. (2022). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Belajar Mahasiswa Program Studi. Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan. Skripsi

Falah. Iwan, Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4:104-117

Mahnum, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. 37(1), 27-35.

Miftahudin. (2015). Tutor Sebaya Dengan MCM (Math City Map) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Kreatif Matematis siswa Kelas VIIIA SMPN 10 Semarang Materi Lingkaran.

Ningsih dan Hayati, (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal On Teacher Education Vol. 1 Nomor 2.hal 26-32

Pranesti,W. (2016).Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa Kelas VII MTS Patra Mandiri Palembang.[Skripsi]. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Solehudin,et.al (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah. CBIS JOURNAL-VOL.07NO.02

Suhendri. (2022). Petualangan Matematika dengan Math City Map.hal 1-3

https://bangka.tribunnews.com/2022/05/08/petualangan-matematika-dengan-math-city-map

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v6i2.1735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.