PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN MASYARAKAT DALAM TATA KELOLA DAN PEMANFAATAN TAMAN OBAT KELUARGA

Kartini Kartini, Idfi Setyaningrum, Ramdan Hidayat

Abstract


Warga RT 02 RW 04 Kelurahan Penjaringansari Surabaya merupakan masyarakat urban yang telah menyadari pentingnya menjaga kesehatan individu dan kelompok, salah satunya diwujudkan melalui penanaman tanaman obat dalam bentuk Taman Obat Keluarga (TOGA). Namun demikian, warga memiliki permasalahan terkait tata kelola TOGA dan diversifikasi bentuk olahannya. Program pendampingan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan warga RT 02 RW 04 Penjaringansari terkait tata kelola TOGA dan pengolahan TOGA. Metode yang digunakan pada program ini pendampingan, dimana kegiatan terbagai dalam dua tahap yaitu penyuluhan tata kelola TOGA dengan metode ceramah interaktif dan pelatihan pembuatan minuman serbuk instan “pokak” dengan praktek langsung. Hasil yang diperoleh dari program ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan mitra dari sebelum dan sesudah penyuluhan yaitu sebesar 69%, sementara itu ketrampilan mitra dalam mengolah TOGA meningkat dari 1 bentuk (cairan) menjadi 2 bentuk (cairan dan serbuk instan) atau peningkatan sebesar 100%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penyuluhan dengan metode ceramah dan pelatihan dengan praktek langsung dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam tata kelola TOGA dan diversifikasi bentuk sediaan olahan TOGA. Pendampingan lebih lanjut diperlukan terkait dengan desain kemasan, promosi, serta pemasaran produk olahan TOGA warga RT 02 RW 04 Penjaringansari Surabaya.


Keywords


Diversifikasi produk; kemandirian kesehatan; masyarakat urban; serbuk instan; TOGA

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 9 Tahun 2016 tentang Upaya Pengembangan Kesehatan Tradisional Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan Ketrampilan (2016).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan (2023).

Kartini, K., Fatimah, U., Anggraeni, M. H., Setiawan, F., & Nugroho, E. (2023). Peningkatan Kapasitas Usaha Jamu Gendong “Jamu Seger Bu Mur” Melalui Diversifikasi Bentuk Sediaan Dan Perbaikan Kemasan. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(3), 127-135.

Kartini, K., Jayani, N. I. E., & Krisnawan, A. H. (2018). Peningkatan Produktivitas Petani Dalam Pengolahan Jeruk Nipis Menjadi Produk Minuman Kesehatan Dan Sabun. Abdimas, 11(1), 19-26.

Kartini, K., Krisnawan, A. H., Silvanus, L. C., & Wijaya, T. P. (2019). Formulation of functional beverages from the combination of lime, tomato, and carrot using foam-mat drying method. Pharmaciana, 9(2), 335-344.

Malaleng, H. R., Mudaliana, S., Rahmawati, F., Martha, S. A., Reza, R. F., & Yulianti, R. (2022). Asuhan Mandiri Tanaman Obat. Malang: Rena Cipta Mandiri.

Purnama, S. G. (2015). Panduan Focus Group Discussion (FGD) dan Penerapannya. Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana, 1-15.

Wibowo, L., & Fitriyani, E. (2013). Pengolahan rumput laut (Eucheuma cottoni) menjadi serbuk minuman instan.

Widiyastuti, Y. (2015). Pedoman Budidaya, Panen dan Pasca Panen Tanaman Obat. Lembaga Penerbit badan penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta.

Yulianto, M. E., Handayani, D., Puspitarini, A. S., Nugraheni, F., & Yanti, N. R. (2018). Pembuatan Serbuk Jahe Instan Dengan Metode Kristalisasi Guna Meningkatkan Perekonomian Warga RW. 05 Kelurahan Tembalang, Semarang. SNKPPM, 1(1), 44-46.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v6i2.1742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.