DIVERSIFIKASI PRODUK JAMU TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KAPASITAS PENJUALAN PADA KOMUNITAS USAHA JAMU TRADISIONAL DI KELURAHAN KALIRUNGKUT

Finna Setiawan, Nina Dewi Oktaviyanti, Freddy Mutiara, Nikmatul Ikhrom Eka Jayani, Karina Citra Rani, Umi Fatimah, Setiawan Setiawan, Ririn Teguh Setyowati

Abstract


Obat Tradisional adalah salah satu bentuk Traditional knowledge yang berupa karya masyarakat tradisional/adat (indigenous people) yaitu makanan, jamu, obat, seni dan teknologi yang telah turun temurun diwariskan sejak jaman nenek moyang. Usaha jamu tradisional merupakan salah satu bentuk upaya dalam melestarikan obat tradisional di Indonesia. Komunitas Usaha Jamu Tradisional di Kelurahan Kalirungkut merupakan komunitas yang terdiri dari pelaku usaha minuman tradisional. Komunitas ini dibentuk sebagai sarana berkomunikasi dan berbagi dalam upaya mengembangkan usahanya. Namun terdapat beberapa permasalahan yang dihapadi membuat usaha minuman tradisional menjadi sulit berkembang. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah terkait dengan diversifikasi produk minuman tradisional. Program pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan minat mitra terhadap pengembangan diversifikasi produk minuman tradisional dalam upaya peningkatan kapasitas usaha. Metode yang dilakukan mulai dari diskusi kelompok, ceramah interaktif, dan praktik pembuatan produk secara langsung. Hasil pretest dan postest menunjukkan adanya peningkatan skor yang baik. Setelah kegiatan, mitra juga diketahui telah mengembangkan 7 jenis produk baru yang terdiri dari 6 jenis minuman siap minum dan 1 jenis teh herbal. Kesimpulan dari pelatihan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dari mitra terkait diversifikasi produk. Program ini juga meningkatkan antusiasme mitra dalam mengembangkan berbagai jenis produk baru.


Keywords


Diversifikasi produk; Usaha Jamu Tradisional; Obat Tradisional

Full Text:

PDF

References


Afiyanti,Y.(2008).Focus Group Discussion (Diskusi kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Dara Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 12, No. 1, hal 58-62.

Aridaini, D., Ruaida, Irsyadillah. (2022). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Pedagang Rotan di Lhoknga Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Vol 4 (1).

Kartini, K., Fatimah, U., Anggraeni, M. H., Setiawan, F., & Nugroho, E. (2023). Peningkatan Kapasitas Usaha Jamu Gendong “Jamu Seger Bu Mur” Melalui Diversifikasi Bentuk Sediaan Dan Perbaikan Kemasan. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(3), 127-135.

Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.00.05.4.2411 tahun 2004 tentang Ketentuan Pokok Pengelompokan & Penandaan Obat Bahan Alam Indonesia (2004).

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 381/Menkes/SK/III/2007 tentang Kebijakan Obat Tradisional Nasional (2007).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 006 Tahun 2012 Tentang Industri dan Usaha Obat Tradisional (2012).

Purbowati, M., Maksum, A. (2019). The antioxidant activity of Roselle (Hibiscus sabdariffa Linii) phenolic compounds in different variations microwave-assisted extraction time and power. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 406 012005.

Purwaningsih, E., Yuliwulandari, R., Soenyono, S., Santoso, J.T.B. 2019.Jurnal Surya Kencana Dua : Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan, Volume 6(1).

Wicaksena, B. dan Subekti, N.A. (2010). Potensi Pengambangan Pasar Jamu.Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Vol. 4 No. 2.

Nambiar, V.S. dan Matela, H. (2012). Potential Functions of Lemon Grass (Cymbopogon citratus) in Health and Disease. International Journal of Pharmaceutical & Biological Archives 2012; 3(5):1035-1043.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v6i2.1743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.